PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS N 2 BANDAR LAMPUNG

Indriani, Taslim (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS N 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INDRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru di MTs N 2 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik/ guru di MTs N 2 Bandar Lampung, dimana populasi berjumlah 88 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang, adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Dalam pembuktian hipotesis, peneliti menggunakan metode kuesioner (angket). Metode kuesioner (angket) digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data variabel x (kepemimpinan kepala madrasah) dan variabel y (kinerja guru). Dalam uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari person, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha cronbach dengan bantuan SPSS 16. Selanjutkan untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah dengan kinerja guru di MTs N 2 Bandar Lampung. Berdasarkan uji linearitas diketahui bahwa nilai Sig sebesar 0,471 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan linear secara signifikan antara variabel X dengan Y. Berdasarkan uji regresi nilai konstanta sebesar 47,553 mengindikasikan bahwa jika variabel dependen yaitu kinerja guru adalah nol maka kinerja guru adalah sebesar konstanta 47,533%. Nilai koefisien kepemimpinan sebesar 0,539 maka mengindikasikan bahwa peningkatan kepemimpinan dalam satu satuan angka akan mengakibatkan kenaikan Kinerja guru sebesar 0,539% dengan asumsi variabel lain konstan. R Square adalah 0,408, Hal ini mengindikasi bahwa kontribusi variabel X kepada variabel Y sebesar 40,8%, sedangkan sisanya sebesar 59,2% (100-40,8%) di tentukan oleh faktor lain di luar model yang tidak terdeteksi dalam penelitian ini. Kata kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 07:12
Last Modified: 10 Jan 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22612

Actions (login required)

View Item View Item