EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGANTEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN MENGIKUTI PELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 PADANG RATU

Riyan, Tobing (2023) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGANTEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN MENGIKUTI PELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 PADANG RATU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIYAN TOBING.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisplinan mengikuti pelajaran merupakan suatu hal yang berkaitan dengan kedatangan siswa ke sekolah guna untuk mencari ilmu yang bermanfaat dengan mengikuti pelajaran di sekolah, siswa yang baik adalah tercapainya seorang siswa yang mengikuti mata pelajaran. Seperti yang dialami oleh salah satu peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Ratu. Dengan demikian, peneliti akan melakukan penelitian tentang eksperimentasi Layanan konseling individu dengan teknik self management terhadap kedisiplinan mengikuti mata pelajaran peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Ratu. Maka peneliti akan membuktikan apakah eksperimentasi layanan konseling individu dengan teknik Self Management dapat meningkatkan kedisiplinan mengikuti pelajaran peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Ratu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh layanan konseling individu dengan teknik self management terhadap kedisiplinan mengikuti mata pelajaran di SMP Negeri 1 Padang Ratu. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Single Subject Research dengan menggunakan 1 sampel. Dimana peneliti mepmperoleh data sekunder didapatkan dari proses penelitian berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama peneliti melakukan baseline A1, kemudian peneliti memberikan perlakuan atau intervensi B, dan terakhir baseline A2.Hasil menunjukkan adanya perubahan dengan peningkatan kehadiran yang ditunjukkan oleh siswa. Pada fase baseline A1, terlihat kehadiran siswa di SMP Negeri 1 Padang Ratu memiliki ketidakhadiran disekolah. Pada fase intervensi B, diberikan perlakuan dengan tahap-tahap teknik self management yang menunjukkan hasil peningkatan siswa mengikuti mata pelajaran. Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikannya intervensi dan menunjukkan hasil siswa mengikuti pelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa kedisiplinan mengikuti pelajaran pada peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Ratu dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik self management. Kata kunci : Konseling Individu, self management, Kedisplinan Mengikuti Pelajaran iii ABSTRAK Discipline in following lessons is something related to the arrival of students to school in order to seek useful knowledge by following lessons at school, a good student is the achievement of a student who takes subjects. As experienced by one of the students at SMP Negeri 1 Padang Ratu. Thus, the researcher will conduct research on the experimentation of individual counseling services with self-management techniques for discipline following students' subjects at SMP Negeri 1 Padang Ratu. So the researcher will prove whether the experimentation of individual counseling services with the Self Management technique can improve the discipline of following the lessons of students at SMP Negeri 1 Padang Ratu This study aims to analyze the effect of individual counseling services with self-management techniques on discipline in following subjects at SMP Negeri 1 Padang Ratu. This research is a study using the Single Subject Research method using 1 sample. Where researchers obtain secondary data obtained from the research process takes place with 3 stages. In the first stage the researcher carried out baseline A1, then the researcher gave treatment or intervention B, and lastly baseline A2. The results showed a change with an increase in attendance shown by students. In the baseline A1 phase, it can be seen that the presence of students at SMP Negeri 1 Padang Ratu has no attendance at school. In the intervention phase B, treatment was given with stages of self�management techniques which showed results in increasing students following the subject. Then given another observation in the baseline A2 phase without giving intervention and showing the results of students following the lesson. Based on this, it can be stated that the discipline of following lessons for students at SMP Negeri 1 Padang Ratu can be improved by using self-management techniques. Keywords: Individual Counseling, self-management, Discipline in Following Lessons

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:59
Last Modified: 10 Jan 2023 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22603

Actions (login required)

View Item View Item