UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMAN 02 ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA

Feni, Emilda (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMAN 02 ABUNG SEMULI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FENI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Feni Emilda Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Pelajaran Agama Islam di SMAN 02 Abung Semuli Lampung Utara Salah satu hal yang bisa mempengaruhi belajar siswa adalah minat. Seseorang yang mempunyai minat terhadap suatu pelajaran dengan sendirinya akan merasa senang dalam mengikuti pelajaran tersebut. Di SMAN 02 Abung Semuli lampung Utara minat belajar terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih kurang bisa dilihat dari nilai ulangan harian, UTS, UAS, yang belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) dan juga bisa dilihat dari proses pembelajaran siswa masih banyak yang tidak memperhatikan atau ribut sendiri. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas X IPS 3 SMAN 02 Abung Semuli Lampung Utara ? 2. Apa saja kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X IPS 3 Abung Semuli Lampung Utara Tujuan penelitian ini adalah untuk :1. Mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas X IPS 3 SMAN 02 Abung Semuli Lampung Utara. 2. Mengetahui kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas X IPS 3 Abung Semuli Lampung Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field researd) dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif. Penelitian ini sendiri adalah penelitian kualitif deskriptif. Teknik instrument pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data bersifat deskriptif yaitu dengan 3 cara : reduksi, deskriptif data, penarikan kesimpulan dari data-data iv yang dikumpul dan diuji dengan teknik penjamin keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas X IPS 3 Abung Semuli Lampung Utara yaitu dengan memberikan motivasi, memberikan penugasan kepada siswa, menggunakan berbagai macam metode mengajar dan menggunakan media pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa dikelas X IPS 3 SMAN 02 Abung Semuli Lampung Utara terdiri dari dua (2) faktor yaitu : 1. Faktor internal seperti karakter siswa, daya serap siswa, dan siswa terlalu pasif atau siswa yang hanya mengikuti saja 2. Faktor eksternal seperti orang tua, teman, dampak negative IPTEK, dan kurangnya media pembelajaran Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam , Minat Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. v ABSTRACK One of the things that can affect learning students is interest. Someone who has an interest in a lesson by itself will feel happy in taking the lesson. At SMAN 02 Abung Semuli Lampung Utara Interest in learning on Islamic religious education subjects can still be seen from the daily test value, UTS, UAS, which has not reached the KKM (minimum completeness criteria) and can also be seen from many students' learning processes that do not pay attention or noise themselves. The focus of research in this study is: 1. How is the effort of Islamic religious education teachers in increasing student learning interest in class X IPS 3 SMAN 02 Abung Semuli North Lampung? 2. What are the obstacles faced by Islamic religious education teachers in increasing student learning interest in Islamic religious education in class X IPS 3 Semuli Semuli Lampung North The purpose of this study is to: 1. Knowing the efforts of Islamic religious education teachers in increasing student learning interest in class X IPS 3 SMAN 02 Abung Semuli North Lampung. 2. Knowing the obstacles facing the Islamic religious education teacher in increasing student learning interest in class X IPS 3 Abung Semuli North Lampung. This type of research is field research (Field Researd) using a descriptive method approach. This research itself is descriptive qualitical research. Instrument techniques for data collection using interviews, observation and documentation. Data analysis techniques are descriptive, namely with 3 ways: reduction, descriptive data, conclusions of the data collected and tested with the guarantor technique for data validity, namely extension of participation, observation perseverance, and tringulation. The source of this research data is the primary data source and secondary data source vi The results of this study indicate that the efforts of Islamic religious education teachers in increasing students' interest in students in class X IPS 3 Semuli Semuli Utung, namely by providing motivation, providing assignments to students, using various teaching methods and using learning media. The constraints faced by Islamic religious education teachers in increasing students' interest in class X IPS 3 Sman 02 Semuli Semuli North Lampung consists of two (2) factors, namely: 1. Internal factors such as student characters, student absorption, and students are too passive or students who just follow 2. External factors like parents, friends, negative science and negative impacts, and lack of learning media Keywords : Islamic Religious Education Teacher, Interest To Learn, Islamic Education Subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:34
Last Modified: 10 Jan 2023 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22601

Actions (login required)

View Item View Item