PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

NUR, AISYAH AGUSTINA (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Nur Aisyah Agustina fixx.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan berbagai macam adat istiadat dengan berbagai ras, suku, agama, bahasa.Keberagaman agama, suku dan budaya yang ada merupakan khazanah yang patut bukan untuk dipermasalahkan. Keberagaman ini diakui atau tidak, akan menimbulkan berbagai permasalahan seperti yang sering dihadapi bangsa ini. Korupsi, kolusi, nepotisme, premanisme, permusuhan politik, kemiskinan, kekerasan, separatism, perusakan lingkungan dan hilangnya rasa kemanusiaan untuk selalu menghormati hak orang lain, adalah bentuk nyata sebagai bagian dari multikulturalisme.Sehingga upaya penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran agama sangat penting diterapkan khususnya di sekolah-sekolah umum.Pendidikan tingkat menengah yang ada di Indonesia khusunya (SMA/SMK) merupakan pendidikan yang berada di titik yang tepat sebagai pondasi awal dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya kebersamaan dan keadaan riil nantinya di masyarakat yang beragam.SMK Negeri 1 Kotabumi adalah salah satu sekolah kejuruan yang ada di Kotabumi Kabupaten Lampung Utara yang terletak di Kecamatan Kotabumi Selatan, kelurahan kelapa Tujuh dengan ciri khas sekolah Nasional.Hampir setiap tahun ajaran baru sekolah ini menjadi tujuan utama para pendaftar. SMK Negeri 1 Kotabumi memiliki siswa yang berasal dari kultur beragam, seperti perbedaan agama, strata sosial, serta kebiasaan. Segala aktivitas SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara dikembangkan dengan hubungan yang harmonis baik peserta didik, guru, dan staf tata usaha dengan latar belakang yang berbeda. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengkaji dua permasalahan utama, yaitu: Nilai-nilai Multikultural yang terdapat dalam buku mata pelajaran PAI, dan Metode Penanaman Nilai-nilai Multikultural Dalam Pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara. Jenis Penelitian adalah Penelitian Kualitatif.Subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kesiswaan, dan peserta didik kelas X dan kelas XI Jurusan OTKP di SMK Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara. iii Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku mata pelajaran PAI meliputi nilai toleransi, nilai kesamaan, nilai persatuan, nilai kekerabatan, dan nilai keadilan. Penanaman Nilai-nilai multikultural dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Kotabumi menggunakan dua metode yaitu metode pembiasaan dan metode keteladanan. Kata Kunci: Nilai-nilai Multikultural, Pembelajaran, PAI. iv ABSTRACT Indonesia is one of the most civilized countries in the world with different tribal languages. The diversity of available tribal and cultural religions is a right concern. This diversity of available tribal and cultural religions is a right concern. This diversity, admittedly or not, would lead to problems such as the nation’s frequent corruption of nepotism, premanism, the political enmity of poverty-violence, environmental collapse and the loss of humanity to always respect the rights of others, asa distinct form as part of multiculturalism, an the deployment of a multicultural value into religious learning is of special importance in public schools. Indonesia special secondary education (high school) is at an appropriate point as the first foundation of providing understanding of the importance of togetherness and real circumstances later on diverse societies. City council is one of the secondary cities of the northern municipal district kelouses with the national school flavor. Almost every year this school’s new school became the principal goal of the registratioes. SMK country 1 city has students who come from various cultures, such as religious, social strata, and customs. All high school activity 1 Kotabumi northern community is developed with is relationship. Harmonious learners, teachers, and business staff with different backgrounds. The purpose of this study is to address the two major problems: the multicultural values found in the pie textbook, and the multicultural values for PAI study. Research was carried out in the country 1 Kotabumi northern community. The kind of research is qualitative research. The subject of this research is the Islamic religious education teacher, student waka, and X clas and XI clas OTKP at SMK N 1 north lampung city . The technique used in determining research subjects is an intergalactic sampling technique. Data collection techniques with interview, observations, and documentation. The data analysis technique that are performed are the reduction of data, the presentation of data, and the backups of data. The results of this study indicate that the multicultural values found in the PAI textbook include the values of tolerance, the value of equality, the value of unity, the value of kinship, and the value of justice. The implanting of v multicultural values in pie study in country 1 city uses the two methods of breeding and example. Keyword: Values, Multicultural, Learning, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:19
Last Modified: 09 Jan 2023 08:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22598

Actions (login required)

View Item View Item