IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN HUMANIS-RELIGIUS PADA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

ANISA, YULIA FANI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENUMBUHKAN HUMANIS-RELIGIUS PADA SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of ANISA YULIA FANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Humanis-Religius pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Oleh ANISA YULIA FANI Humanis-religius adalah suatu nilai keagamaan yang menempatkan manusia sebagai manusia, serta upaya humanisasi ilmu dengan tetap memperhatikan tanggung jawab hablum minallah dan hablum minan naas. Humanis-religius sangat penting untuk ditumbuh kembangkan ke dalam karakter peserta didik, karena akhir-akhir ini dalam dunia pendidikan, khususnya PAI menghadapi banyak masalah, misalnya degradasi moral peserta didik, yang hingga saat ini masih sulit untuk diatasi, seperti individualis, sikap acuh terhadap sekitarnya, dan sebagainya. Problem degradasi moral ini semakin merebak dengan dilatarbelakangi beberapa faktor, seperti dampak globalisasi yang ada, kecanduan gadget dan sebagainya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Metode Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanis-religius pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? 2. Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanis-religius? 3. Bagaimana karakter humanis-religius peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mendeskripsikan metode Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanis�religius pada siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung 2. Mendeskripsikan karakter humanis-religius peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif dengan model Miles iii dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Metode Pembelajaran PAI dalam menumbuhkan humanis-religius, meliputi penggunaan metode keteladanan, diskusi, dan proyek. 2. Karakter humanis-religius peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, diantaranya: hormat dan patuh kepada pendidik, saling menghargai antar sesama teman, memiliki motivasi belajar yang tinggi, serta tekun dan sabar. Kata kunci: Humanis-Religius, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:02
Last Modified: 09 Jan 2023 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22596

Actions (login required)

View Item View Item