EFEKTIVITAS BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS MEDIA SOSIAL EDMODO PADA PEMBELAJARAN DARING DI MA ASSYIFA KARANGSARI LAMPUNG SELATAN

YULIA, NURSAMSI (2023) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS MEDIA SOSIAL EDMODO PADA PEMBELAJARAN DARING DI MA ASSYIFA KARANGSARI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULIA NURSAMSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada saat pandemi Covid-19 terjadi, menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah dengan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring). Banyak media berbasis teknologi yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring, salah satunya adalah edmodo. Edmodo yang merupakan salah satu jejaring sosial berbasis pendidikan yang di peruntukan bagi peserta didik dan guru. Adanya media sosial edmodo ini bukan hanya mempermudah dan membantu guru dalam proses pembelajaran, tetapi juga dirancang untuk mendukung proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, yang mampu membangkitkan minat belajar peserta didik pada proses pembelajaran daring. Disisi lain media edmodo sebagai aplikasi pembelajaran daring, juga memiliki beberapa kekurangan. Penelitian ini tentang efektivitas bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis media sosial edmodo pada pembelajaran daring di MA Assyifa Karang Sari Lampung Selatan. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islamdi MA Assyifa Karang Sari Lampung Selatan. Hasil penelitian menunjukkan proses kegiatan belajar mengajar di MA Assyifa Karang Sari Lampung Selatan di masa pandemi covid�19 pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menggunakan media sosial edmodo kurang efektif karena dalam mengakses edmodo masih ada peserta didik yang kurang menguasai dalam pengunaanya,tidak tersedianya video pembelajaran membuat peserta didik kurang paham terhadap materi yang di bahas, dan tidak menggunakan fitur video konferensi sehingga materi yang dibahas tidak bisa dijelaskan secara langsung membuat peserta didik kurang memahami materi serta interaksi antara guru dan peserta didik menjadi minim sehingga dalam kegiatan belajar mengajar mengunakan media sosial edmodo kurang efektif. Kata Kunci: Edmodo, Pembelajaran, SKI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:52
Last Modified: 09 Jan 2023 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22595

Actions (login required)

View Item View Item