STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN DESA BANJAR RATU KECAMATAN WAY PENGUBUAN

SISCA, PRADITA NINGRUM (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN DESA BANJAR RATU KECAMATAN WAY PENGUBUAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SISCA PRADITA NINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh terpadu dalam memasarkan suatu produk, baik barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga produk yang diberikan diminati oleh masyarakat, serta yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan. Pemasaran yang baik sangat mempengaruhi minat masyarakat terhadap produk yang dihasilkan, dan menentukan eksistensi suatu lembag. Sebagai lembaga dakwah pondok psantren memerlukan manajemen pemasaran untuk menjamin keberadaanya dan produk yang dihasilkannya. Pondok pesantren Darul Qur’an telah menerapkan strategi pemasaran yang sejauh ini diasumsikan dapat meningkatkan jumlah santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap lebih jauh tentang strategi pemasaran yang diterapkan pondok pesantren Darul Qur’an dalam meningkatkan jumlah santri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian Adapun yang menjadi sumber data primer yang diperolah dari pengurus dan santri Pondok Pesantren Darul Qur’an dengan cara wawancara. Sumber Data Sekunder pada penelitian ini terdiri atas struktur organisasi dokumentasi, ovservasi, buku-buku dan jurnal. Metode analisa pada skripsi ini adalah analisis secara kualitatif dan menarik kesimpulan . Hasil dari penelitian ini yaitu Formulasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh pondok pesantren Darul Qur’an sudah baik, dibuktikan dengan adanya penetapan strategi yang sesuai dan penggunaan bauran pemasaran yang berisi produk yaitu dapat menghasilkan santri yang berkualitas dengan menjalan kegiatan yang disedaikan. price (harga), penentuan harga yang dilakukan oleh pondok pesantren Darul Qur’an yaitu Rp.450.000,00 per-bulan sudah termasuk makan, sekolah dan biaya seragam sehingga banyak santri yang berminat menuntut ilmu di pondok pesantren Darul Qur’an karena memilii harga yang sesui. place (tempat), yang berada dipemukiman warga dan mudah dijangkau , promotion (promosi) dengan menggunakan media sosial walaupun masih banyak yang harus di perbaiki karena pondok hanya menggunakan media sosial melalui web saja, spanduk juga perlu diperbanyak di luar pondok karena spanduk hanya berada di dalam pondok saja dan kontak langsung dengan masyarakat terjalin dengan baik. Implemntasi yang dilakukan oleh pondok pesantren Darul Qur’an sudah baik dibuktikan dengan menyatukan kegiatan agar efektif dan efesien, melakukan prosedur dengan jelas tanggal pelaksanaan pemasaran dilakukan. Evalusi yang dilakukan sudah baik dibuktikan dengan ada 3 evaluasi pertama evaluasi sebelum pelaksanaan dimana ketua dan bawahan melakukan musyawarah, kedua evaluasi saat pelaksanaan dimana evaluasi dilakukan untuk meminimalisir jika ada masalah yang muncul saat melaksanakan pemasaran, terakhir evalusi akhir dimana semua aspek atau semua kegiatan pemasaran muali dari murid, guru, program-program semua di evaluasi ole ketua pondok pesantren Darul Qur’an. Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Kuantitas iii ABSTRACT The marketing strategy is a comprehensive plan that is integrated in marketing a product, either goods or services, using certain patterns of plans and tactics so that the given product is in demand by the community, and provides guidance on the activities to be carried out. Good marketing greatly influences people's interest in the products produced, and determines the existence of an institution. As a da'wah institution, the Islamic boarding school requires marketing management to guarantee its existence and the products it produces. The Darul Qur'an Islamic boarding school has implemented a marketing strategy which has so far been assumed to be able to increase the number of its students. This study aims to reveal more about the marketing strategy implemented by the Darul Qur'an Islamic boarding school in increasing the number of students. This research is a descriptive field research. In this research, the primary data source was obtained from the administrators and students of the Darul Qur'an Islamic Boarding School by means of interviews. Secondary data sources in this study consist of the organizational structure of documentation, observations, books and journals. The method of analysis in this thesis is qualitative analysis and draws conclusions The results of this study are the formulation of marketing strategies carried out by Islamic boarding schoolsDarul Qur'an is good, as evidenced by the establishment of an appropriate strategy and the use of a marketing mix that contains products that can produce quality students by carrying out the activities provided. price, the price determined by the Darul Qur'an boarding school is Rp. 450,000.00 per month including meals, schooling and uniform fees so that many students are interested in studying at the Darul Qur'an boarding school because they have a price appropriate. place, which is in the residents' settlements and easy to reach, promotion using social media, although there is still a lot that needs to be fixed because the cottage only uses social media via the web, banners also need to be reproduced outside the cottage because the banners are only in only in huts and direct contact with the community is well established. The implementation carried out by the Darul Qur'an Islamic boarding school has been well proven by uniting activities so that they are effective and efficient, carrying out procedures with clear dates for marketing implementation. The evaluations that have been carried out have been well proven by the first 3 evaluations before implementation where the chairman and subordinates hold deliberations, the second evaluation during implementation where evaluations are carried out to minimize if there are problems that arise when carrying out marketing, the last evaluation is the final where all aspects or all marketing activities start from students, teachers, programs were all evaluated by the chairman of the Darul Qur'an Islamic boarding school Keywords: Marketing Strategy and Quantity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:45
Last Modified: 09 Jan 2023 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22594

Actions (login required)

View Item View Item