MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA KERETA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK WIYATA BHAKTI DESA GEDUNG NEGARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

KHOFIFAH, AGUSTINA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA KERETA PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK WIYATA BHAKTI DESA GEDUNG NEGARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi khofifah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Durand menyatakan bahwa penguasaan bahasa inggris sangat penting karena hampir semua sumber informasi global dalam berbagai aspek kehidupan menggunakan bahasa inggris. Stakanova dan Tolsikhina menjabarkan alasan akan pentingnya Bahasa Inggris untuk AUD sebagai berikut: 1)AUD sedang dalam tahap perkembangan linguistik yang sangat baik dan menjadi dasar perkembangan linguistik selanjutnya, 2)belajar Bahasa Inggris pada usia dini merupakan permulaan yang baik karena semakin cepat memulai maka semakin banyak waktu belajarnya, 3) anak yang mulai belajar Bahasa Inggris di PAUD atau tingkat Pra-Sekolah akan memiliki pengetahuan bahasa asing yang lebih baik, belajar bahasa asing di usia dini akan merangsang kemampuan anak untuk menggunakan bahasa ibunya jauh lebih baik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakna di TK Wiyata Bhakti, dan penelitian ini menggunakan model Kemmis Dan MC Taggar yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Model penerapan dari penelitian ini sebanyak dua siklus, dengan subjek dalam penelitian. peserta didik di TK Wiyata Bhakti kelompok B sebanyak 12 anak. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris. Sumber data penelitian diperoleh dari tehnik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan peningkatan kemampuan mengenal huruf anak usia dini pada kelompok B yang berjumlah 12 orang meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari pada siklus I peserta didik yang mampu memecahkan msalah pada kategori BSB sebanyak 1 orang dengan presentase 8,34%. Dan pada siklus ke II peserta didik yang mampu memecahkan masalah pada kategoti BSB sebanyak 10 orang dengan presentase 83,34%. Kata Kunci : meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris, media kereta pintar, anak usia dini ii ABSTRAK Durand stated that mastery of English is very important because almost all global sources of information in various aspects of life use English. Stakanova and Tolsikhina explain the reasons for the importance of English for AUD as follows: 1) AUD is in a very good stage of linguistic development and forms the basis for further linguistic development, 2) learning English at an early age is a good start because the sooner you start, the better a lot of study time, 3) children who start learning English at PAUD or Pre-School level will have better knowledge of foreign languages, learning foreign languages at an early age will stimulate children's ability to use their mother tongue much better. This study used classroom action research (CAR), this research was conducted at Wiyata Bhakti Kindergarten, and this research used the Kemmis and MC Taggar models which consisted of four stages, namely planning, action implementation, observation and reflection. The application model of this research is as much as two cycles, with subjects in research. students in Wiyata Bhakti Kindergarten group B as many as 12 children. The object of this research is to improve the ability to recognize English vocabulary. Sources of research data obtained from interview techniques, observation and documentation. The results of the study found an increase in the ability to recognize letters in early childhood in group B, which totaled 12 people increased. This can be proven from the first cycle of students who are able to solve problems in the BSB category as many as 1 person with a percentage of 8.34%. And in the second cycle, there were 10 students who were able to solve problems in the BSB category with a percentage of 83.34%. Keywords: increasing the ability to recognize English vocabulary, smart train media, early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:42
Last Modified: 09 Jan 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22593

Actions (login required)

View Item View Item