MANAJEMEN STRATEGI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHADAQAH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) PRINGSEWU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZZAKI

TRI, ICHA PRASASTI (2022) MANAJEMEN STRATEGI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHADAQAH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) PRINGSEWU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MUZZAKI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKIRPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKIRPSI TRI ICHA PRASASTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan jangka panjang yang meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi serta pengendalian. Dalam mendukung gerak usaha perusahaan atau organisasi manajemen strategi merupakan pilihan alternatif strategi yang baik untuk mencapai atau mewujudkan tujuan organisasi jangka panjang yang dilakukan oleh seluruh jajaran organisasi. Saat ini banyak lembaga amil dengan seiring perkembangan manajemen yang menggunakan berbagai pola dalam pengelolaan dana zakat, diantaranya manajemen strategi. LAZISNU Pringsewu sebagai lembaga pengelola zakat infaq shadaqah telah menerapkan manajemen strategi yang diasumsikan dapat meningkatkan kepercayaan muzzaki dengan melakukan pemindaian lingkungan untuk merumuskan strategi yang akan diimplementasikan melalui program, anggaran, dan prosedur yang ditetapkan serta mengevaluasi hasil kinerja yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap lebih jauh tentang manajemen strategi yang diterapkan LAZISNU Pringsewu dalam meningkatkan kepercayaan muzzaki. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dari pihak pengurus LAZSINU Pringsewu dan data skunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, arsip-arsip, dokumentasi dan lainya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen startegi LAZISNU Pringsewu terdiri dari empat proses. Pertama, pemindaian lingkungan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman lingkungan yang di miliki. Kedua, perumusan stratetegi dilakukan dengan menentukan misi, tujuan, strategi, dan kebijakan yang menjadi penentu lembaga akan melangkah serta bagaimana cara untuk menuju dan mencapai kepada hal-hal yang telah ditetapkan. Ketiga, Implementasi startegi dengan pengembangan program, anggaran, dan prosedur. Program yang dijalanakan mengacu pada visi, misi lembaga baik dalam program penghimpunan maupun pendistribusian yang dijalankan secara berkelanjutan sesuai dengan anggaran dan prosedur yang telah ditetapkan. Keempat, evaluasi dan kontrol. Evaluasi dan kontrol terhadap aktivitas dan hasil kinerja yang dijalankan dengan melakukan rapat krutin dengan para pengurusnya. Hasil rapat koordinasi para pengurus menjadi perbaikan untuk evaluasi dan kontrol terhadap program yang dijalankan, strategi, permasalahan yang terjadi, serta langkah alternatif yang akan dijalankan. Kata kunci: Manajemen Startegi, Muzzaki, LAZISNU Pringsewu. iii ABSTRACT Strategic management is a series of managerial decisions and actions that determine long-term company performance which includes environmental monitoring, strategy formulation, strategy implementation and evaluation and control. In supporting the business activities of a company or organization, strategic management is a good choice of alternative strategies for achieving or realizing long-term organizational goals carried out by all levels of the organization. Currently, many amil institutions with the development of management use various patterns in the management of zakat funds, including strategic management. LAZISNU Pringsewu as a zakat infaq shadaqah management institution has implemented strategic management which is assumed to be able to increase muzzaki's trust by conducting environmental scanning to formulate strategies that will be implemented through established programs, budgets and procedures as well as evaluating the results of the performance carried out. This study aims to reveal more about the strategic management implemented by LAZISNU Pringsewu in increasing muzzaki's trust. This type of research in this study is descriptive qualitative in nature. The data used in this study are primary data obtained from the management of LAZSINU Pringsewu and secondary data obtained from books, journals, archives, documentation and others related to research problems with data collection techniques by interviews and documentation, while the analytical method data by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the strategic management of LAZISNU Pringsewu consists of four processes. First, environmental scanning by analyzing the internal and external environment which includes the strengths, weaknesses, opportunities and threats the environment has. Second, the formulation of the strategy is carried out by determining the missions, goals, strategies and policies that determine which institutions will take steps and how to go about and achieve the things that have been set. Third, implementation of strategies by developing programs, budgets and procedures. The program that is implemented refers to the vision and mission of the institution both in the collection and distribution programs which are carried out on an ongoing basis according to the established budget and procedures. Fourth, evaluation and control. Evaluation and control of activities and performance results are carried out by conducting routine meetings with the management. The results of the coordination meeting of the administrators become improvements for evaluation and control of the programs being implemented, strategies, problems that occur, and alternative steps that will be implemented. Keywords: Strategic Management, Muzzaki, LAZISNU Pringsewu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:37
Last Modified: 09 Jan 2023 07:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22592

Actions (login required)

View Item View Item