PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

KHARISMA, YUNITA (2023) PENGARUH MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN 2 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KHARISMA YUNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik kesulitan mengemukakan pendapat, berfikir nalar dan memecahkan masalah pelajaran saat proses pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM). Proses pembelajaran yang digunakan pada saat KBM yaitu Teaching Center Learning. Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPS perlunya memakai model pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai peserta didik sehingga memenuhi Batas Ketuntasan Maksimal (KKM). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 2 Kalianda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretest dan posttest di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian dilakukan di SDN 2 Kalianda dengan teknik sampel yaitu teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampling terdiri dari dua kelompok kelas yaitu kelas IV B untuk kelas Eksperimen dan kelas IV C untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan tes. Data diperoleh dari buku-buku tentang model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,029 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan H₁ diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:30
Last Modified: 09 Jan 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22591

Actions (login required)

View Item View Item