PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

Dewi, Harnum (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of DEWI HARNUM SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan media pembelajaran adalah salah satu yang mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini mempunyai beberapa masalah yaitu rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas VI SD IT Baitul Jannah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh minimnya media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak, penyajian materi dalam media pembelajaran kurang menarik sehingga siswa mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran dan juga media pembelajaran tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga dalam pembelajaran kurang terciptanya suasana yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual cd interaktif terhadap keterampilan menyimak pada peserta didik kelas VI SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan di SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VI Abu Musa Al Asyari sebagai kelas eksperimen yang mengguanakan Media Audio Visual dan kelas VI Utbah Bin Ghazwan sebagai kelas kontrol yang menggunakan Media Audio. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa dikelas VI yang masing masing berjumlah 22 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI Abu Musa Al Asyari yang berjumlah 22 siswa, dan kelas VI Utbah Bin Ghazwan yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian kelas eksperimen dengan nilai rata-rata posttest 80,04. Sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata posttest 79,27. Hipotesis uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual cd interaktif terhadap keterampilan menyimak pada siswa kelas VI di SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Kata kunci: Media Audio Visual, Keterampilan Menyimak ii ABSTRAK Utilization of learning media is one that influences the effectiveness of the learning process which has a positive impact on student learning outcomes. This study has several problems, namely the low listening skills of class VI students at SD IT Baitul Jannah in the Indonesian language subject due to the lack of learning media to improve listening skills, the presentation of material in learning media is less attractive so students get bored easily in participating in learning and the learning media is not utilized properly so that learning does not create an active and pleasant atmosphere. This study aims to determine whether there is an effect of interactive audio visual cd media on listening skills in class VI students at SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. The research was conducted at SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung, using two classes, namely class VI Abu Musa Al Asyari as an experimental class that used Audio Visual Media and class VI Utbah Bin Ghazwan as a control class that used Audio Media. This type of research is Quasi Experiment with a quantitative approach. Data collection techniques using tests and returns. The population in this study were all students in class VI, totaling 22 students each, while the samples in this study were students in class VI Abu Musa Al Asyari, totaling 22 students, and class VI Utbah Bin Ghazwan, totaling 22 students. The results of the experimental class research with an average posttest score of 80.04. While the control class with an average posttest score of 79.27. The t�hypothesis test obtained a sig (2-tailed) value of 0.000 which has a value smaller than 0.05. So that it can sing Hₒ rejected and Hₐ accepted. So it can be concluded that there is an influence of interactive CD audio visual learning media on listening skills in class VI students at SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Keywords: Audio Visual Media, Listening Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:19
Last Modified: 09 Jan 2023 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22590

Actions (login required)

View Item View Item