PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH PADA BMT MEKAR ABADI AJI SEJAHTERA

Khoiriyah, Aan (2017) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN NASABAH PADA BMT MEKAR ABADI AJI SEJAHTERA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_AAN_LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Bauran pemasaran adalah suatu yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri atas empat kelompok, yaitu : produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Strategi pemasaran yang tepat sangat dibutuhkan guna memperoleh dan mempertahankan nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Pada BMT Mekar Abadi Aji Sejahtera 2. Bagaimana Bauran Pemasaran pada BMT Mekar Abadi Aji Sejahtera Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian nasabah pada BMT Mekar Abadi Aji Sejahtera. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu produk, harga, promosi dan saluran distribusi dengan satu variabel dependenya itu keputusan pembelian. Dalam kaitannya dengan keputusan pembelian, dalam penelitian ini menitikberatkan pada faktor-faktor yang dapat menyebabkan nasabah melakukan keputusan pembelian, yaitu faktor produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan diimplementasikan kepada 68 nasabahBMT Mekar Abadi Aji Sejahterasebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji reliabilitas dan uji validitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F, Koefisien determinasi R2serta analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa variabel-variabel independen, yakni Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Tempat (X4) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependent, yakni keputusan pembelian konsumen (Y). Hal ini didapatkan berdasarkan perbandingan nilai Fhitung> Ftabel sebesar 34, 590 > 2,52 artinya keempat variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian nasabah pada BMT Mekar Abadi Aji Sejahtera. Dari keempat dimensi bauran pemasaran, diketahui bahwa dimensiyang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada BMT Mekar Abadi Aji Sejahtera adalah promosi. Dapatdilihat bahwa nilai tertinggi pada tabel thitung yaitu sebesar 5,933. Secara umum bauran pemasaran yang dilakukan BMT Mekar Abadi Aji Sejahtera mampu memenuhi kebutuhan serta keinginan nasabah dan nasabah merasa puas baik dari produk, harga, promosi yang dilakukan dan saluran distribusi. Sehingga, bauran pemasaran yang dilakukan sudah sesuai dengan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:21
Last Modified: 17 Nov 2017 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item