EFEKTIVITAS TEKNOLOGI SEBAGAI PENUNJANG PENDIDIKAN TINGKAT SATUAN SEKOLAH DASAR PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI SD Al-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

RENI, SANJAYA (2023) EFEKTIVITAS TEKNOLOGI SEBAGAI PENUNJANG PENDIDIKAN TINGKAT SATUAN SEKOLAH DASAR PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI SD Al-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi RENI SANJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini kita telah memasuki era modern, dimana penggunaan teknologi menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan. Era revolusi industry 5.0. yang mempengaruhi beberapa sektor salah satunya bidang pendidikan. Pergeseran tren pendidikan 5.0 menjadi tanggung jawab utama guru kepada peserta didik. Seorang pendidik harus bisa memainkan peran untuk mendukung transisi dan tidak menganggapnya sebagai ancaman bagi pengajaran yang konvensional. Hal ini mejadi tantangan yang memberikan banyak dorongan, motivasi untuk melakukan tindakan yang lebih baik SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung merupakan satu dari beberapa sekolah yang telah menerapkan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajarannya. Maka dari itu peneliti akan melakukan penelitian yang akan dilakukan di sekolah tersebut sebagai bentuk tolak ukur yang bisa dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan teknologi dalam suatu pembelajaran dalam bidang pendidikan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan langkah penelitian yang menciptakan data deskriptif berbentuk kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang atau keadaan yang terlihat. Sumber data primer diperoleh dari siswa,guru, kepala sekolah dan data sekunder dalam penelitian ini berupa arsip, data tertulis dan dokumen yang digunakan sebagai penguat data yang telah didapat. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan pembelajaran menggunakan pemanfaatan teknologi di SD Al�Azhar 1 Bandar Lampung sudah mampu dikatakan efektif karena adanya kesesuain teknologi yang digunakan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas teknologi sesuai era revolusi industry 5.0 di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung yaitu telah tersedianya sarana serta prasarana yang mendukung dalam pengoperasian teknologi dalam kegiatan pembelajaran, kecakapan serta keterampilan guru dalam menjalankan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, serta didukung dari sekolah yang menitik beratkan keterampilan guru dalam mengoperasikan teknologi. Kata Kunci: Manfaat Teknologi, Revolusi Industri 5.0 iii ABSTRACK We have entered the modern era, where the use of technology is something that needs to be considered. The era of the industrial revolution 5.0 which has now been established and developed which focuses on cooperation between humans and machines which is expected to increase the effectiveness and efficiency of a production, this does not only have an impact on the economic and social fields but also has an impact on the field of education. The shift in the education trend to 5.0 is the main responsibility of teachers to students. An educator must be able to play a role in supporting the transition and not see it as a threat to conventional teaching. This is a challenge that provides a lot of encouragement, motivation to take better actions. SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung is one of several schools that have implemented the use of technology in their learning activities. Therefore, researchers will conduct research to be carried out at the elementary school as a form of benchmark that can be done to find out how the role of technology in learning in the field of education is. This research is included in the type of descriptive qualitative research. Qualitative research is a research step that creates descriptive data in the form of written and spoken words from people or circumstances that are seen. Sources of primary data obtained from students, teachers, school principals and secondary data in this study in the form of archives, written data and documents that were used as reinforcement for the data that had been obtained. The data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation. The application of learning using the use of technology at SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung has been able to be said to be effective because of the suitability of the technology used with the learning objectives to be achieved. Then the factors that affect the effectiveness of technology according to the era of the industrial revolution 5.0 at SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung are the availability of facilities and infrastructure that support the operation of technology in learning activities, the skills and skills of teachers in implementing technology in teaching and learning activities, and supported from schools that emphasize the skills of teachers in operating technology. Keywords: Benefits of Technology, Industrial Revolution 5.0

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:02
Last Modified: 09 Jan 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22588

Actions (login required)

View Item View Item