PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF TALK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MENGGALA

ANWAR, SOLEH (2023) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF TALK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MENGGALA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ANWAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dengan adanya pendidikan maka keberlangsungan hidup manusia dapat tertata sebagaimana mestinya.berdasarkan hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 3 Menggala terdapat 30 peserta didik yang teridentifikasi mengalami masalah motivasi belajar yang rendah dan sudah terjadi selama 1 semester (6 bulan). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan konseling individu dengan teknik self talk dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Menggala. Terdapat peserta didik yang mengalami motivasi belajar rendah di SMA Negri 3 Menggala, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan konseling individual dengan tekhnik self talk dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Menggala. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental. Alasan peneliti menggunakan metode ini karena dalam rancangan metode quasi experimental, terdapat quasi eksperimen pretest dan postest. Pada penelitian quasi eksperimen dilakukan peneliti untuk mengetahui bagaimana treatment yang diberikan guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik, treatmen yang digunakan adalah self talk (pembicaraan positif pada diri sendiri) Metode penelitian yang digunakan adalah metode one-group pretest-posttest design. Hasil yang diperoleh menunjukkan kenaikan yang signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik self�talk. Hal ini terbukti dari diketahui bahwa nilai z hitung adalah -1,826 > dari z tabel 1,96 dan jumlah nilai signifikan adalah 0,004 < 0,05. Dengan nilai mean pada pretest 55,00 dan posttest 120,00. Nilai minimum sebesar 50 dan nilai maksimum 140. Dengan demikian motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 3 Menggala mengalami peningkatan setelah diberikan layanan konseling individu dengan teknik self-talk. Kata Kunci: Konseling Individu, Teknik Self-Talk, Motivasi Belajar iii ABSTRACT Education is a very important thing in human life, with education, the survival of humans can be arranged properly. Based on the results of interviews with guidance and counseling teachers at SMA Negeri 3 Menggala, there were 30 students who were identified as having problems with low learning motivation and this had happened. for 1 semester (6 months). This study aims to determine the effect of implementing individual counseling with the self-talk technique in increasing learning motivation in class XI students at SMA Negeri 3 Menggala. Techniques self-talk in increasing the learning motivation of class XI students at SMA Negeri 3 Menggala. The type of research that researchers use is quantitative research with a quasi-experimental approach. The reason the researchers used this method was because in the design of the quasi-experimental, there were pretest and posttest quasi-experiments. In the quasi-experimental research, researchers conducted the research to find out how the treatment was given to increase students' learning motivation, the treatment used was self talk (positive self-talk). The research method used was the one-group pretest-posttest design. The results obtained showed a significant increase after the provision of group guidance services using the self-talk technique. This is evident from the fact that the calculated z value is -1.826 > from z table 1.96 and the total significant value is 0.004 <0.05. With a mean value at pretest 55.00 and posttest 120.00. The minimum score is 50 and the maximum score is 140. Thus the learning motivation of the students of SMA Negeri 3 Menggala has increased after being given individual counseling services using the self-talk. Keywords: Individual Counseling, Self-Talk, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:39
Last Modified: 09 Jan 2023 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22586

Actions (login required)

View Item View Item