STRATEGI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 01 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

Ranti, Antika (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 01 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 01 KOTABUMI LAMPUNG UTARA Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Berdasarkan uraian diatas maka, strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang/atau digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dalam dunia pendidikan strategi diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Prestasi belajar sangatlah penting bagi siswa,karena prestasi belajar dapat mengukur keberhasilan siswa. Prestasi belajar siswa adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjang dengan nilai tes atau nilai angka yang diberikan guru. Prestasi belajar umumnya berkenaan dengan aspek pengetahuan, sedangkan hasil belajar meliputi aspek pembentukan watak peserta didik. Prestasi belajar merupakan suatu masalah yang bersifat perenial dalam sejarah kehidupan manusia, karena sepanjang rentang kehidupan manusia selalu mengejar prestasi menurut bidang dan kemampuan masing�masing. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN 01 Kotabumi Lampung Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SDN 01 Kotabumi Lampung Utara. iii Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan penelitian ini adalah berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan serta pembahasan hasil temuan dapat dikatakan bahwa masih ada guru yang kurang memahami terhadap peranan guru, sehingga belum dapat melaksanakan tugas secara maksimal, seperti masih ada guru pendidikan agama islam masuk kelas tidak mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang matang sehingga dalam pembelajaran apa adanya. Hal lain ditemukan peneliti keterbatasan guru dalam menyampaikan materi ajar baik dalam hal metode ataupun penunjang pokok pembelajaran lainnya, sehingga dapat berpengaruh terhadap pembelajaran. Selain itu keterbatasan sarana dan prasarana juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran sehingga dalam mengelola pembelajaran tidak mencapai hasil yang optimal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SDN 01 Kotabumi Lampung Utara melalui data hasil nilai akhir pendidikan agama islam menunjukkan prestasi belajar siswa masih tergolong rendah. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Prestasi Belajar Siswa iv ABSTRACT ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING STRATEGIES TO INCREASE STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT AT SDN 01 KOTABUMI LAMPUNG UTARA Learning strategy is a learning activity that must be done by teachers and students so that learning objectives can be achieved effectively and efficiently. Based on the description above, the learning strategy consists of all components of learning materials and procedures or stages of learning activities that are/or used by teachers in order to help students achieve certain learning objectives. According to them, learning strategies are not only limited to procedures or stages of learning activities, but also include material arrangements or learning program packages that will be delivered to students. In the world of education, strategy is defined as a plan that contains a series of activities designed to achieve certain educational goals. Learning achievement is very important for students, because learning achievement can measure student success. Student achievement is the mastery of knowledge or skills developed through subjects, usually supported by test scores or numerical scores given by the teacher. Learning achievement is generally related to aspects of knowledge, while learning outcomes include aspects of forming the character of students. Learning achievement is a perennial problem in the history of human life, because throughout the life span, humans always pursue achievements according to their respective fields and abilities. The focus of the research in this thesis is the Islamic Religious Education Learning Strategy to Improve Student Achievement at SDN 01 Kotabumi, North Lampung. The purpose of this study was to describe the Islamic Religious Education Learning Strategy to Improve Student Achievement at SDN 01 Kotabumi, North Lampung. This study uses a qualitative approach, in determining the source of the data using observation, interviews, and documentation. Data analysis used qualitative data analysis with the following steps: data v reduction, data presentation, conclusion drawing/verification. For the validity of the data, the researchers used triangulation of sources and methods. The conclusion of this study is that based on the findings of the research that has been carried out and the discussion of the findings, it can be said that there are still teachers who do not understand the role of the teacher, so they cannot carry out their duties optimally, such as there are still Islamic religious education teachers who enter class without preparing a lesson plan ( lesson plans) that are mature so that learning is what it is. Another thing that researchers found was the limitations of teachers in delivering teaching materials, both in terms of methods or supporting other learning subjects, so that they could affect learning. In addition, the limitations of facilities and infrastructure also affect the learning process so that in managing learning it does not achieve optimal results. Based on research conducted at SDN 01 Kotabumi, North Lampung through the final score data for Islamic religious education, students' learning achievement is still relatively low. Keywords: Learning Strategy, Student Achievement

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:25
Last Modified: 09 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22577

Actions (login required)

View Item View Item