Hemalia, Nanda Putri (2023) PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu, proses pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru (teacher centered), dan sebagian siswa masih memilki hasil belajar yang rendah, serta proses pembelajaran belum sepenuhnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan persoalan tersebut penulis menawarkan model pembelajaran probing prompting berbantuan media couple card terhadap Hasil Belajar Siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran probing prompting berbantuan media Couple Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI. Metode penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 11 Bandar Lampung dengan sampel berjumlah 43 siswa di kelas V A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan media couple card dan kelas V B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran example non example berbantuan media gambar. Untuk mengukur hasil belajar siswa dilakukan tes dengan soal pilihan ganda berjumlah 35 soal yang sudah tervalidasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji-t. pengolahan data hasil uji hipotesis dihitung dengan menggunakan microsoft office excel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis diperoleh data hasil posttest thitung sebesar 2,620 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2.02 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pemebalajaran probing prompting berbantuan media couple card terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 11 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Probing Prompting, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 03:00 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 03:00 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22576 |
Actions (login required)
View Item |