EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD N 3 JATIBARU TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

Kiki, Rizky Alawiyah (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE EDUTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD N 3 JATIBARU TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Kiki Rizky Alawiyah 1811100322.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian di SD N 3 Jatibaru pendidik sudah memakai beberapa metode pembelajaran. Meskipun metode yang dipakai oleh pendidik sudah cukup bervariasi tetapi hasil belajar peserta didik masih rendah. Berdasarkan hasil ulangan harian pembelajaran tematik dari 26 peserta didik, terdapat 6 peserta didik dengan nilai di atas atau sama dengan (≥) 71 dan sebanyak 20 peserta didik dengan nilai di bawah (<) 71 atau 23%, yang berarti sebanyak 20 peserta didik atau 77% siswa tidak memenuhi KKM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan metode edutainment efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas V SD N 3 Jatibaru Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian kuantitaif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment dan desain yang digunakan yaitu Pretest-Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang yang terdiri dari kelas V A dan V B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas kontrol sebanyak 26 peserta didik dan kelas V B sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis yang dipakai berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh didapat uji normalitas kelas eksperimen nilai Asymp sig. (2-tailed) = 0,208 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai Asymp sig (2-tailed) = 0,605, maka dapat dinyatakan “berdistribusi normal” karna jika Sig >α (0,05), (0,208>0,05) dan (0,605>0,05). Sedangkan hasil uji homogenitas untuk Sig> α (0,05) menunjukkan nilai 0,244 hal ini berarti (0,244 > 0,05) jadi data dinyatakan homogeny. Untuk uji hipotesis menggunakan uji effect size hasil belajar kognitif sebesar 0,64 dengan kategori sedang. maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode edutainment efektif terhadap hasil belajar belajar kognitif peserta didik SD N 3 Jatibaru. Kata kunci : Metode, Edutainment, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:51
Last Modified: 09 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22575

Actions (login required)

View Item View Item