DAMPAK PELAKSANAAN SHALAT DHUHA TERHADAP EMOTIONAL QUOTIENT SISWA KELAS V DI YAYASAN MASTAL MUSAMMID SD AR-RAUDAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Aprilyani, A (2017) DAMPAK PELAKSANAAN SHALAT DHUHA TERHADAP EMOTIONAL QUOTIENT SISWA KELAS V DI YAYASAN MASTAL MUSAMMID SD AR-RAUDAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (59MB) | Preview

Abstract

Emotional Quotient merupakan suatu kecerdasan yang berarti kemampuan untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, berempati, serta kemampuan membina hubungan baik dengan orang lain. Banyak orang yang memandang sebelah mata mengenai Emotional Quotient mereka masih beranggapan bahwa kecerdasan intelektual sebagai kecerdasan tunggal dalam menentukan kesuksesan hidup seseorang. Sehingga hal ini mengakibatkan banyak orang tidak bisa mengendalikan emosinya dalam menghadapi permasalahan dalam kehidupan seharihari. Akibatnya banyak orang yang cerdas tetapi tidak memiliki hati nurani, dan pelaksanaan shalat dhuha yang dilakukan oleh Yayasan Mastal Musammid SD Ar- Raudah Bandar Lampung merupakan cara efektif untuk dapat memberikan dampak yang sangat positif terhadap Emotional Quotient siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak dari pelaksanaan shalat dhuha terhadap kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan dilapangan yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang khusus, penelitian kualitatif juga bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis berupa, fakta, objek atau subjek dengan apa adanya, penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: adanya dampak yang sangat positif terhadap Emotional Quotient siswa dikelas V bahwa shalat dhuha dapat mengendalikan kecakapan emosional, membuat para siswa memiliki rasa peduli dan sabar, sifat sabar yang berkaitan dengan kecerdasan emosional yang juga tertera dalam Al-Quran kita yang merupakan pembelajaran bagi manusia agar dapat mengembangkan kecerdasan emosionalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:19
Last Modified: 17 Nov 2017 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item