PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KONSEP ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN 18 BUTIR NILAI KARAKTER PROGRAM PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA (Studi Pada Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir)

Rahmah, Safitri (2023) PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KONSEP ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN 18 BUTIR NILAI KARAKTER PROGRAM PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA (Studi Pada Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Rahmah Safitri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Menurunnya nilai karakter pada penerus bangsa cukup memprihatinkan dengan munculnya berbagai kasus yang tidak mencerminkan karakter yang baik. Adapun upaya pemerintah menanggulangi hal tersebut melalui Kementerian Pendidikan Nasional merumuskan program Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, sejak tahun 2010. Dan dalam program tersebut, terdapat 18 nilai karakter yang dikembangkan pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 ayat 2 dan 3. Dalam Islam sendiri terdapat ayat-ayat Al-Qur‟an yang membahas tentang nilai-nilai karakter, sehingga peneliti ingin melihat bagaimana konsep Pendidikan karakter dari sudut pandang Islam dan bagimana relevansi nya antara nilai karakter yang diusung Kementrian Pendidikan Nasional dengan nilai karakter yang ada pada Al-Qur‟an. Maka untuk lebih memahami kandungan ayat Al-Qur‟an tersebut penelitian ini menggunakan Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir sebagai sumber. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana konsep Pendidikan karakter menurut konsep Islam dan bagaimana relevansi 18 nilai karakter yang ada pada program pendidikan budaya dan karakter bangsa dengan nilai karakter yang ada pada Al-Qur‟an yang dikaji dengan Tafsir Al-misbah dan Tafsir Ibnu Katsir. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (studi pustaka) yang bersifat deskriptif analitik dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan descriptive analysist dan Content Analisys (analisis isi). Temuan penelitian ini yaitu Pendidikan karakter dalam prespektif Islam identik dengan ajaran agama Islam itu sendiri dan berpedoman pada Al-Qur‟an dan Hadist. Lalu terdapat relevansi antara 18 nilai karakter program pendidikan budaya dan karakter bangsa dengan ayat Al-Qur‟an yang diterangkan pada Tafsir Al�Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Islam, Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:24
Last Modified: 06 Jan 2023 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22567

Actions (login required)

View Item View Item