PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RINI, LESTARI (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi FULL  Rini LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan self control penggunaan smartphone pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung ini dilatar belakangi oleh sering munculnya permasalahan rendahnya kontrol diri peserta didik dalam menggunakan smartphone. Maka dari itu peneliti ingin meneliti bagaimana pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan self control penggunaan smartphone pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan self control penggunaan smartphone pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan self control penggunaan smartphone pada peserta didik di SMK Negeri 1 Bandar Lampung yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan rendahnya kontrol diri dalam menggunakan smartphone pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di SMK Negeri 1 Bandar Lampung dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh dalam meningkatkan kontrol diri dalam menggunakan smartphone pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Bandar Lampung dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 532 dengan skor rata-rata sebesar 66,5 Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik Self Management, peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 928 dengan skor rata-rata 116. Hasil uji menggunakan uji wilcoxon didapatkan Zhitung dari sampel yang diambil di kelas VIII sebesar -2.527 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Haditerima sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh terhadap self control penggunaan smartphone peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Management, Self Control, Smartphone iii ABSTRACT Research on the influence of group counseling services with self-management techniques in increasing self-control of smartphone use on students at SMK Negeri 1 Bandar Lampung is motivated by the frequent emergence of problems with low self�control of students in using smartphones. Therefore, researchers want to examine how the influence of group counseling services with self-management techniques in increasing self-control of smartphone use on students at SMK Negeri 1 Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling services with self�management techniques in increasing self-control of smartphone use on students at SMK Negeri 1 Bandar Lampung. This study uses data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach in this study is a quantitative approach with a pre-experimental research design one group pretest-posttest design. This study focuses on the effect of group counseling services with self-management techniques in increasing self-control of smartphone use on students at SMK Negeri 1 Bandar Lampung, totaling 8 students who have problems with low self-control in using smartphones in students. Based on the results of research at SMK Negeri 1 Bandar Lampung, it can be concluded that group counseling services with self-management techniques have an effect on increasing self-control in using smartphones in class XI students at SMK Negeri 1 Bandar Lampung and experiencing changes for the better for students. This has been proven by the results of the pretest and posttest that have been carried out before and after service delivery based on data analysis using the Wilcoxon Test. And the results of the pretest using an instrument in the form of a questionnaire, students get a score of 532 with an average score of 66.5 Then after getting group counseling services using the Self Management technique, students are given a posttest using the same instrument in the form of a questionnaire and get a score of 928 with an average score of 116. The results of the test using the Wilcoxon test obtained Zcount from the sample taken in class VIII of - 2,527 it can be concluded that Hadi received so from this study it can be concluded that group counseling services with self-management techniques affect self-control using smartphones class XI students of SMK Negeri 1 Bandar Lampung, Keywords: Group Counseling, Self Management, Self Control, Smartphone

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:15
Last Modified: 06 Jan 2023 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22565

Actions (login required)

View Item View Item