ANALISIS MARKETING MIX DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KERIPIK PISANG DI KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Keripik Sumber Rezeki Bandar Lampung)

Mira, Juniarti (2023) ANALISIS MARKETING MIX DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KERIPIK PISANG DI KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Keripik Sumber Rezeki Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Mira Juniarti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bauran pemasaran (Marketing mix) merupakan alat bagi pemasar yang terdiri dari berbagai unsur suatu program pemasaran yang perlu di pertimbangakan agar implementasi strategi pemasaran dan positioning yang ditetapkan dapat berjalan sukses, marketing mix diperlukan untuk membangun strategi pemasaran dalam mencapai tujuan organisasi atau konsumen, sehingga para pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatannya. Metodelogi Penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan skunder menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara yang dilakukan kepada pedagang keripik pisang di Kota Bandar Lampung dengan sampel Keripik Sumber Rezeki, observasi di lakukan di kawasan sentra indutri keripik pisang Gang Pu Kota Bandar Lampung, dan dokumentasi dilakukan dengan melihat penelitian-penelitian serta jurnal ilmiah tentang pengembangan dan peran ekonomi kreatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa marketing mix sangat berperan dan berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan, dengan dilakuknnya berbagai inovasi terkait produk, harga, tempat, promosi, SDM, tampilan fisik, dan proses (marketing mix 7p). Kata Kunci : Marketing Mix 7P, Ekonomi Kreatif, Pendapatan, Ekonomi Islam ABSTRACT The marketing mix is a tool for marketers consisting of various elements of a marketing program that need to be considered so that the implementation of the established marketing and positioning strategies can be successful, marketing mix is needed to build a marketing strategy in achieving organizational or consumer goals, so that the Business actors can increase sales and increase their income. The research methodology used is descriptive qualitative method, with primary and secondary data sources using data collection techniques, namely interviews conducted with banana chip traders in Gang PU Bandar Lampung City with samples of Sumber Rezeki Chips, observations were carried out in the industrial center area. Gang Pu banana chips, Bandar Lampung City, and documentation is done by looking at studies and scientific journals on the development and role of the creative economy. Based on the results of the study, it can be concluded that the creative economy plays a very important role and has an effect on increasing income, by carrying out various innovations related to products, prices, places, promotions, human resources, physical appearance, and processes (marketing mix 7p). Keywords: Marketing Mix 7P, Creative Economy, Income, Islamic Economy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:47
Last Modified: 06 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22561

Actions (login required)

View Item View Item