PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARNIATUN ARRAZZAAQ BANDAR LAMPUNG

PUTRI, AYU KUSUMANINGRUM (2023) PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARNIATUN ARRAZZAAQ BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI AYU KUSUMANINGRUM ( 1811070180 ).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan membaca anak usia Taman Kanak-kanak adalah kemampuan anak dalam mengubah simbol huruf ke dalam pengucapan atau lisan,kemampuan mengaitkan apa yang telah diucapkan anak dengan simbolnya dalam bentuk huruf.Anak secara mampu melakukan kombinasi bunyi,cara menuliskan atau merangkai huruf huruf tersebut dan mampu membacanya.Anak mampu menguasai sintaksis (aturan kata/ kalimat) dan menguasai sematik (makna dari kata atau kata perkata yang dibacanya).Anak dikatakan mampu membaca sebuah kata atau kalimat singkat apabila anak tersebut mengerti dan mampu menyampaikan makna dari kata tersebut secara lisan.Hal ini sesuai dengan pandapat Hadini menyatakan bahwa kemampuan membaca merupakan kegiatan menelusuri,memahami, hingga mengeksplorasi berbagai simbol.Simbol dapat berupa rangkaian huruf–huruf dalam suatu tulisan atau bacaan bahkan gambar.Kartu huruf bergambar (Flash Card atau Education Card) adalah kartu-kartu bergambar disertai dengan kata-kata,kartu huruf atau yang biasa disebut Flash Card Abjad Adalah bentuk media atau alat permainan yang bersifat untuk mendidik yang dikhususkan bagi anak-anak usia dini atau usia prasekolah yang berisi kartu�kartu yang bertuliskan 26 macam huruf alphabet.Tidak sedikit orang tua yang luput perhatian pada aspek perkembangan baahasa salah satunya yaitu membaca, akibatnya tidak jarang orang tua baru sadar ketika anaknya sudah menginjak usia 3-5 tahun.Maka keterlambatan dalam memberikan stimulus,membuat minat anak berkurang dalam membaca dapat dikatakan anak tidak melek membaca.Kemampuan yang di perlukan dalam membaca di peroleh dari mengenal bentuk,mengenal perbedaan huruf,mengenal rangkaian (pola) dan mengenal perbedaan intonasi.Dan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam membaca permulaan sangat di perlukan peranan guru yang dapat memfasilitasi dan mendukung keberhasilan anak.Anak anak yang gemar membaca akan mempunyai rasa kebahasaan yang lebih tinggi.Pada usia 4-5 tahun anak sudah bisa diajarkan membaca.Bahkan membaca adalah permainan yang menyenangkan bagi anak usia dini,seperti yang diungkapkan oleh Meleong salah satu aspek yang harus dikembangkan anak TK yaitu kemampuan membaca.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menerapkan media kartu huruf bergambar kepada anak kelompok B2 di TK Harniatun Arrazzaaq Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif,dalam subjek pnelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik di kelompok B2 sebanyak 27 anak,sedangkan objek dalam penelitian adalah penerapan media kartu huruf bergambar untuk mengembangkan kemampuan membaca anak di TK Harniatun Arrazzaaq Bandar Lampung. Berdasarkan hasil wawancara,observasi dan dokumentasi terlihat bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkaan media kartu huruf bergambar sesuai dengan langkah langkah yaitu :1)Menentukan tema,2)Menyiapkan media kartu huruf bergambar,3)Memperkenalkan media kartu huruf bergambar kepada anak,4)Memperkenalkan huruf dan kata pada anak,5)Menjelaskan kegiatan kepada anak,6)Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan anak,7)Anak melakukan kegiatan,8)Mengadakan permainan dengan menggunakan media kartu huruf bergambar. Kata Kunci : Media Kartu Huruf Bergambar,Kemampuan Membaca iii ABSTRAK The ability to read kindergarten age children is the child's ability to convert letter symbols into pronunciation or speech, the ability to associate what the child has said with its symbols in the form of letters.The child is able to master syntax (word/sentence rules) and semantics (the meaning of the words or words he reads).Children are said to be able to read a word or short sentence if the child understands and is able to convey the meaning of the word orally.This is in accordance with Hadini's opinion stating that reading ability is an activity to explore, understand, and explore various symbols.Symbols can be a series of letters in writing or reading and even pictures.Illustrated letter cards (Flash Cards or Education Cards) are picture cards.Accompanied by the words, published by Glenn Doman, he is a brain doctor from Philadelphia,Pennsylvania.Letter cards or commonly called Alphabet Flash Cards are a form of media or game tool that is educational for children of early age or preschool age containing cards that read 26 kinds alphabet letters. Not a few parents who escape attention to aspects of language development, one of which is reading, as a result it is not uncommon for parents to only realize when their children are 3-5 years old. So the delay in providing the stimulus, making the child's interest in reading reduced, it can be said that the child is not literate in reading.The skills needed in reading are obtained from recognizing shapes, recognizing differences in letters,recognizing sequences (patterns) and recognizing differences in intonation.And to develop children's ability to read early,the role of teachers is needed who can facilitate and support children's success.Children who like to read will have a higher sense of language.At the age of 4-5 years,children can be taught to read. Even reading is a fun game for early childhood, as stated by Meleong, one aspect that kindergarten children must develop is the ability to read. Bandar Lampung. This study uses descriptive qualitative research, the subject of this research is the class teacher and students in group B2 as many as 27 children, while the object in the study is the application of illustrated letter card media to develop children's reading skills in Harniatun Arrazzaaq Kindergarten Bandar Lampung. Based on the results of interviews, observations and documentation, it can be seen that the results of the study indicate that the teacher has applied the illustrated letter card media according to the steps, namely: 1) Determining the theme,2) Preparing the illustrated letter card media,3) Introducing the illustrated letter card media to children,4) Introducing letters and words to children,5) Explaining activities to children,6) Explaining activities that will be carried out by children,7) Children doing activities,8) Holding games using illustrated letter cards as media. Keywords: Pictorial Letter Card Media,Reading Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:28
Last Modified: 06 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22556

Actions (login required)

View Item View Item