PENERAPAN METODE BERNYANYI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS IV A DI MIN 2 PRINGSEWU

FADHILAH, WULANDARI (2023) PENERAPAN METODE BERNYANYI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS IV A DI MIN 2 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FADHILAH WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Arab peserta didik hal ini dikarenakan Sebagian siswa kelas IV A di MIN 2 Pringsewu menganggap bahwa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dan memerlukan hafalan-hafalan sehingga hanya siswa tertentu saja yang aktif dalam pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan guru hanya menjelaskan materi dan memberikan latihan sehingga pembelajaran terlihat monoton dan kurang menarik. Sehingga hal tersebut berdampak pada hasil belajar Bahasa arab peserta didik. Salah satu pemecahan masalah yang berkaitan dengan hasil belajar Bahasa arab adalah penulis mencoba untuk menerapkan metode bernyanyi berbatuan media audiovisual yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa arab peserta didik. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah metode bernyanyi berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab di MIN 2 Pringsewu?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa arab peserta didik melalui metode bernyanyi berbantuan media audiovisual. Dan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dirancang dalam dua siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode bernyanyi berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa. Pada pra hasil belajar Bahasa arab peserta didik yang tuntas berjumlah 6 orang (24%) sedangkan yang tidak tuntas 19 orang (76%), pada siklus I mengalami peningkatan dari 25 peserta didik yang tuntas 12 orang (48%) dan yang tidak tuntas 13 orang (52%), kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dari 25 peserta didik yang tuntas 21 orang (84%), yang belum tuntas 4 orang (16%). Dengan demikian dapat diketahui hasil tes belajar Bahasa arab peserta didik kelas IV A mengalami peningkatan sebesar 60%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi berbatuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa kelas IV A di MIN 2 Pringsewu tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Media Audiovisual, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:21
Last Modified: 06 Jan 2023 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22555

Actions (login required)

View Item View Item