IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 12 BANDAR LAMPUNG

ANASTASIA, HAPSARI (2022) IMPLEMENTASI KODE ETIK GURU PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Kode Etik Guru Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 12 Bandar Lampung Oleh: Anastasi Hafsari Kode etik pendidik adalah norma-norma yang mengatur hubungan kemanusiaan (relationship) antara pendidik dan anak didik. Oleh karena itu peneliti mengangkat Skripsi yang berjudul “ Implementasi Kode Etik Guru Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 12 Bandar Lampung”, peneliti memfokuskan penelitian tentang Implementasi Kode Etik Guru pada guru pendidikan agama islam yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 12 Bandar Lampung dan apa sajakah kode etik guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 12 Kota Bandar Lampung. Mengingat pada saat ini perkembangan internet sangat pesat sehingga budaya yang bersal dari luar negeri masuk ke dalam negara kita seperti pakaian,cara berhias, cara berbicara dan yang lain sebagainya, Oleh karna itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengkaji lebih dalam mengenai fenomena tersebut. Penelitian yang penulis lakukan ini ketika ditinjau dari jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif pada dasarnya yaitu untuk menggambarkan tentang karakteristik (ciri-ciri) individu, situasi atau kelompok tertentu. Teknik Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah,snowball sampling.Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan tiga cara yaitu, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan fokus masalah diatas ditemukan jawaban bahwa Implementasi Kode Etik Guru Pendidikan Agama Islam Di MIN 12 Kota Bandar Lampung,telah dilaksanakan oleh setiap guru yang mengampu pelajaran Pendidikan Agama Islam dan telah sesuai dengan apa yang di keluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang ada di Provinsi Lampung, bahkan menurut Kepala iii Sekolah,guru beserta Staf Tu mengatakan bahwa guru pendidikan agama islam telah memberikan contoh kepada guru,staf beserta Siswa-siswi yang ada di MIN 12 Kota Bandar Lampung, hal tersebut dapat dilihat dari cara berpakaian, berhias atau makeup,menggunakan perhiasan, kedisiplinan waktu baik datang maupun selesai mengajar, dan menurut guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kode etik ini pun telah membuat pribadi mereka menjadi lebih baik lagi serta menerapkan hal tersebut dalam kehidupan keseharian di dalam masyarakat. Dan Kode Etik Guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah (MIN) 12 Kota Bandar Lampung terdapat Dua Belas point salah satunya yaitu:Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangun yang berjiwa Pancasila. Kata Kunci : Kode Etik Guru, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 08:07
Last Modified: 05 Jan 2023 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22553

Actions (login required)

View Item View Item