SEPA, FRADIAN FADMA (2023) STRATEGI PENANAMAN TOLERANSI BERAGAMA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK HARAPAN MULYA WAYNGISON LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK TK Harapan Mulya Wayngison Lampung Barat merupakan sekolah umum, yang siswanya memiliki keberagaman agama, dan alasan orangtua kenapa menyekolahkan anaknya di sekolahan tersebut. Penanaman toleransi sangat penting terlebih penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama. Penanaman toleransi sejak anak usia dini sangat penting supaya anak usia dini dapat tumbuh kesadaran bahwa agama dan aliran kepercayaan yang hidup dan berkembang di Indonesia ini sangat beragam dan wajib hukumnya untuk saling menghargai dan menghormati pada semua teman-teman yang berbeda agama dan keyakinan, serta supaya anak dapat mengetahui bagaimana cara hidup bertoleransi, mengetahui tempat-tempat ibadah, mengetahui macam-macam hari raya masing-masing agama dan cara menghormatinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi penanaman toleransi antar beragama TK Harapan Mulya Wayngison Lampung Barat , Hal ini dikarenakan anak usia dini adalah the golden age yang berarti masa keemasan sehingga pada usia dini anak harus diberikan pendidikan yang baik dan tepat untuk membentuk moral anak yang baik. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang dimksud untuk mengumpulkan informasi mengenai gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan.Tempat penelitian ini akan di laksanakan di TK Harapan Mulya Wayngison Lampung Barat di Jl. Simpang Wayngison Kecamatan Batu Ketulis. Penelitian ini di laksanakan pada Semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Sumber data dalam penelitian kualitatif adalah dari mana data di peroleh. Penelitian ini mengambil sumber data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara dilihat dari subyek yang diperoleh. Sumber datanya sebanyak 1 orang kepala TK dan 3 orang pengajar dengan jumlah murid 41 anak. Hasil penelitian ini melalui tahap observasi dan wawancara secara langsung strategi penanamana toleransi beragama anak usia dini di Taman Kanak�Kanak Harapan Mulya Pekon Wayngison Kabupaten Lampung Barat Pada tahap pertama yaitu menerima. Tahap kedua yaitu menanggapi terhadap pengajaran dan yang dicontohkan Ibu guru. Tahap ketiga yaitu penghargaan. Tahap kelima yaitu karakterisasi berdasarkan nilai-nilai. Lima tahapan yang dikemukakan Bloom menggambarkan penelitian tentang pengembangan toleransi beragama anak usia dini serta tahapan strategi yang diterapkan kepada murid TK Harapan Mulya dalam penanaman toleransi beragama di sekolah. Dengan menerapkan strategi tersebut terlihat perkembangan baik sikap toleransi antar sesama murid Tk Harapan Mulya. Kata Kunci: Strategi, Penanaman Toleransi Beragama, Anak Usia Dini. iv ABSTRACT Harapan Mulya Wayngison Kindergarten, West Lampung is a public school, whose students have religious diversity, and the reasons why parents send their children to this school. The cultivation of tolerance is very important, especially the cultivation of the values of tolerance between religious communities. Instilling tolerance from an early age is very important so that early childhood can grow awareness that religions and beliefs that live and develop in Indonesia are very diverse and it is obligatory to respect each other and respect all friends of different religions and beliefs, and so that children can know how to live tolerantly, know places of worship, know the kinds of holidays of each religion and how to respect them. This study aims to examine how the strategy of inculcating inter-religious tolerance at Harapan Mulya Wayngison Kindergarten, West Lampung, this is because early childhood is the golden age which means the golden age so that at an early age children must be given good and appropriate education to form good children's morals. . The research used in this study is a type of field research (field research) that is descriptive qualitative, which is a study that is intended to collect information about the symptoms that existed at the time the research was conducted. The place of this research will be carried out at Harapan Mulya Wayngison Kindergarten, West Lampung in Jl. Wayngison intersection, Batu Ketulis District. This research was carried out in the odd semester of the 2022/2023 academic year. The source of data in qualitative research is where the data is obtained. This study took data sources using observation and interview methods seen from the subjects obtained. The data sources are 1 kindergarten principal and 3 teachers with 41 students. From the results of this study, through the direct observation and interview stages, strategies for inculcating religious tolerance in early childhood in Harapan Mulya Kindergarten, Pekon Wayngison, West Lampung Regency. The second stage is responding to the teaching and the teacher's example. The third stage is the award. The fifth stage is characterization based on values. The five stages proposed by Bloom describe research on the development of religious tolerance in early childhood as well as the stages of strategies applied to Harapan Mulya Kindergarten students in inculcating religious tolerance in schools. By implementing this strategy, it can be seen that there is a good development of tolerance among fellow students of Harapan Mulya Kindergarten Keywords: Strategy, Instilling Religious Tolerance, Early Childhood.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 07:58 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 06:57 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22551 |
Actions (login required)
View Item |