ANALISIS PENGUATAN PERAN ORGANISASI PEREMPUAN DALAM KESETARAAN GENDER PRESPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Pada Pengurus Muslimat dan Pengurus Aisyiyah di Kota Metro)

SURYANI, Sutarjo (2023) ANALISIS PENGUATAN PERAN ORGANISASI PEREMPUAN DALAM KESETARAAN GENDER PRESPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM (Studi Pada Pengurus Muslimat dan Pengurus Aisyiyah di Kota Metro). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUA PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Tesis Mba Yani edit.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Gender merupakan tema yang tetap memiliki pesona dan daya tarik untuk diperbincangkan. Gender digunakan untuk menjelaskan perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Perbedaan tersebut menitik beratkan pada stereotype terhadap budaya laki- laki dan perempuan, dimana perbedaan itu dikonstruk oleh kultur budaya di masyarakat. Partisipasi perempuan semakin menonjol, dimana hal ini menyangkut peran perempuan di bidang sosial dan peran perempuan di dalam rumah atau domestik. Islam menjunjung tinggi harga diri dan kemuliaan seorang perempuan dengan menempatkannya setara dengan laki-laki. Hal ini menjadikan organisasi terbesar perempuan yaitu Mmuslimat dan Aisyiyah untuk mendorong kemampuan perempuan-perempuan tersebut untuk dapat mampu menjuadi dinamisator di era modern. Organisasi tersebut telah memberikan kontribusi besar terhadap umat dalam berbagai bidang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penguatan peran organisasi perempuan Muslimat dan Aisyiyah dalam mewujudkan kesetaraan gender? Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang penguatan peran perempuan dalam kesetaraan gender menurut pengurus muslimat dan aisyiyah di Kota Metro? Adapun tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui peran organisasi perempuan Muslimat dan Aisyiyah dalam mewujudkan kesetaraan gender perspektif hukum keluarga Islam tentang peran orgnaisasi Muslimat dan Aisyiyah. Jenis Penelitian yang peneliti gunakan adalah termasuk penelitian lapangan (field research), menggunakan metode komperatif. Pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi, pengelolaan data melalui editing sistematisasi data. Kemudian data dianalisis secara analisis maqasid syariah dan gender dengan menggunakan pendekatan hukum keluarga islam. Berdasarkan hasil Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa peran organisasi perempuan Muslimat dan Aisyiyah sudah berjalan sesuai dengan tugasnya, seperti peran sebagai ibu, peran sebagai istri dan peren sebagai anggota masyarakat. Serta dalam KHI sudah mengatur secara rinci tentang hak dan kewajiban suami istri dimana kompilasi hukum islam pun dapat menjadi pedoman kehidupan. Dan oleh sebab itu untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga, maka perlu adanya sikap saling memahami antara suami istri dan berusaha untuk selalu berkomunikasi. Dalam implementasinya organisasi Muslimat mereka lebih kepada memberikan pemahaman untuk kader dan warga muslimat sedangkan di Aisyiyah dalam implementasinya mereka melakukannya kepada kader dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:51
Last Modified: 05 Jan 2023 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22548

Actions (login required)

View Item View Item