PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK N 1 BANDAR LAMPUNG

Tika, Oktaria (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK N 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TIKA OKTARIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya diri merupakan pokok dalam membentuk individu yang memiliki potensi diri yang optimal, karena dengan percaya diri yang positif mampu menjadikan individu memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya tanpa merasa minder atas kekurangannya. Keberadaan layanan Bimbingan Konseling di sekolah berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi, mengajak peserta didik untuk tidak ragu-ragu dalam mencapai aktualisasi diri yang positif. Di dalam bimbingan kelompok membawa pengaruh positif terhadap peserta didik yang memiliki percaya diri rendah. Dengan mengikuti layanan bimbingan kelompok peserta didik yang cenderung pasif dan pendiam dituntut untuk berani mengungkapkan pendapat di depan anggota kelompoknya. Sehingga mampu merubah pola pikir, kebiasaan dan tingkah laku dalam sehari-hari menjadi lebih bermakna dan positif dalam melakukan segala hal yang berhubungan dengan pola sosialisasi dengan orang lain. Melalui layanan Bimbingan Konseling dengan penggunaan layanan bimbingan kelompok diharapkan agar peserta didik mampu menjadi lebih percaya diri atas kemampuan dan potensi dirinya, mampu mengembangkan potensi dirinya lebih optimal dan menjadikan keyakinannya lebih berani tampil ketika di forum umum baik dalam diskusi maupun kegiatan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran yang diberikan Guru Bimbingan Konseling untuk membantu meningkatkan percaya diri peserta didik di SMKN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat deskriptif dan termasuk jenis penelitian kualitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian Case Studies. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi peserta didik kelas X yang memiliki rasa kurang percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling yaitu dengan mengikuti perencanaan yang ada pada RPL BK, sebelum melakukan proses konseling Guru BK menyusun rencana program BK supaya adanya kejelasan arah pelaksanaan program, mempermudah pengontrolan dan mengevaluasi kegiatan bimbingan, dan terlaksananya program Bk yang lancar, efektif dan efesien. Perencanaan program Bk merupakan sebuah proses Asesmen terhadap program BK . Sedangkan Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK secara umum dijadwalkan selama 4 kali pertemuan dengan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan di dalam kelas dengan melakukan tahapan-tahapan, tahap yang pertama pembentukan, tahap kedua peralihan, tahap ketiga kegiatan, tahap keempat pengakhiran Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Percaya Diri. iv ABSTRACT Confidence is the main thing in forming individuals who have optimal self potential, because positive self-confidence can make individuals have confidence in their abilities without feeling inferior about their shortcomings. The existence of Counseling Guidance services in schools plays a role in helping students find various information, inviting students not to hesitate in achieving positive self-actualization. In group guidance it has a positive influence on students who have low self-esteem. By participating in group guidance services, students who tend to be passive and quiet are required to have the courage to express opinions in front of their group members. So as to be able to change mindsets, habits and behavior in everyday life to be more meaningful and positive in doing all things related to socialization patterns with other people. Through Counseling Guidance services with the use of group guidance services it is hoped that students will be able to become more confident in their abilities and potential, be able to develop their potential more optimally and make their beliefs more daring to appear when in public forums both in discussions and other activities. The purpose of this study was to find out how the role given by Counseling Teachers to help increase the self-confidence of students at SMKN 1 Bandar Lampung. This research is descriptive in nature and includes a type of qualitative research. The design used in this study uses a Case Studies research design. Data collection techniques with interviews, observation, and documentation are used to identify class X students who have a lack of self-confidence. The results of the study show that the planning carried out by the Guidance and Counseling Teachers is by following the existing plans in the BK RPL, before carrying out the counseling process the BK teacher prepares a BK program plan so that there is clarity in the direction of program implementation, facilitates controlling and evaluating guidance activities, and the implementation of the BK program smooth, effective and efficient. BK program planning is a process of assessing the BK program. While the implementation of guidance and counseling services carried out by the guidance and counseling teacher is generally scheduled for 4 meetings with the implementation of activities carried out in the classroom by carrying out the stages, the first stage is formation, the second stage is transition, the third stage is activity, the fourth stage is termination. Keywords: Group Guidance Services, Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:44
Last Modified: 06 Jan 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22546

Actions (login required)

View Item View Item