INNE, RIZMA DONA (2022) PENERAPAN METODE QIRO’AH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK HARNIATUN ARRAZAQ BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Metode Qiro’ah merupakan salah satu metode untuk membaca huruf hijaiyah. Menurut Andi Suriadi seorang pakar Qiro’ah, Qiro’ah ini dikatakan mudah, cepat,dan menyenangkan karena dibantu oleh gambar yang memperkenalkan huruf hijaiyah kepada anak-anak. metode Qiro’ah disajikan secara menarik dan sistematis menjadikan anak-anak belajar dengan mudah, cepat dan menyenangkan, metode Qiro’ah ini dinilai cukup efektif dalam mengentarkan anak untuk bisa cepat membaca Al-Qur’an dengan baik dalam kurun waktu yang lumayan singkat dibandingkan dengan cara-cara yang terdahulu. Adapun permasalahan yang muncul dikarenakan pembelajran huruf hijaiayah di Taman Kank-kanak Harniatun Arrzaq Bandar Lampung belum berkembang sesuai dengan harapan sepenuhnya. Dengan adanya metode Qiro’h ini sangat membantu anak dalam mengenal huruf-huruf hijaiayah oleh karena itu penelitian ini membahas tentang Penerapan Metode Qiro’ah Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak usia Dini di Taman Kanak-Kanak Harniatun Arrzaq Bandar Lampung Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan guru dan anak di kelas B2 sejumlah 18 peserta didik. Sedangkan objek dari penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu, upaya guru dalam Penerapan Metode Qiro’ah Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak usia Dini. Metode pengumpulan data dalam penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang dihasilkan selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat penulis simpulkan bahwa Penerapan Metode Qiro’ah Dalam Mengembangkan Kemempuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini di TK Hrniatun Arrazaq Bandar Lampung sudah berkembang sangat baik hal ini dapat dilihat dengan memperhatikan langkah�langkah kegiatan dan indikator pencapaian sesuai dengan kemampuan anak yang ingin di capai dan menentukan alat serta bahan yang di perlukan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Huruf Hijaiyah,Metode Qiro’ah iii ABSTRACT The Qiro’ah method is a method for reading hijaiyah letters. According to Andi Suriadi is a Qiro’ah expert, this Qiro’ah is said to be easy, fast, and fun because he is assisted By pictures that introduce hijaiyah letters to children. The Qiro’ah method is presented in a way Interesting and systematic make children learn in an easy, fast and fun, method Qiro’ah is considered quite effective in getting children to be able to quickly read the Qur’an with In a fairly short period of time compared to the previous methods. As for Problems that arise due to learning hijaiyah letters in Harniatun Kindergarten Arrzaq Bandar Lampung has not yet fully developed in line with expectations. With the method Qiro’ah is very helpful for children to recognize hijaiyah letters, that’s why this research is done Discusses the Application of the Qiro’ah Method in Developing the Ability to Read Letters Hijaiyah Early Childhood at Kindergarten Harniatun Arrzaq Bandar Lampung. In this study the method used is qualitative with a descriptive approach Qualitative. The subjects in this study were teachers and children in class B2 with a total of 18 students. While the object of this research consists of the problems studied, namely, the teacher’s efforts in application The Qiro’ah Method in Developing the Ability to Read Hijaiyah Letters in Early Children. Method Data collection in research includes observation, interviews and documentation. That data Generated then the researcher analyzes using data reduction, data display and draws conclusions As for testing the validity of the data using source triangulation. Based on the results of this study, the authors conclude that the Application of the Qiro’ah Method In Developing the Ability to Read Hijaiyah Letters for Early Children in Hrniatun Arrazaq Kindergarten Bandar Lampung has developed very well, this can be seen by paying attention to the steps Activity steps and achievement indicators in accordance with the abilities of the child to be achieved and Determine the tools and materials needed in learning activities. Keywords: Hijaiyah Letters, Qiro’ah Method
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 07:37 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 07:37 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22545 |
Actions (login required)
View Item |