STRATEGI PELATIH PRAMUKA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK PRAMUKA DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, ZAKARIA (2023) STRATEGI PELATIH PRAMUKA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK PRAMUKA DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PELATIH PRAMUKA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK PRAMUKA DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG Oleh MUHAMMAD ZAKARIA Pramuka adalah organisasi ektrakurikuler yang bertujuan membentuk anggota pramuka berakhlak mulia, dengan demikian pramuka mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menghasilkan generasi yang berakhlak mulia, Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengungkap fakta tentang peserta didik yang ikut pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung. Hasil pra peneliitian menunjukkan bahwa masih ada beberapa peserta didik di SMAN 13 Bandar Lampung yang tidak mencerminkan akhlak yang baik Pernyataan tersebut membuktikan bahwa strategi yang dilakukan oleh pelatih pramuka hingga sekarang dapat dikatakan maksimal, sebab sebagian besar peserta didik memiliki akhlak yang baik dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki akhlak yang kurang baik, Penulis memilih SMAN 13 Bandar Lampung sebagai tempat penelitian dikarenakan pramuka SMAN 13 Bandar Lampung ketika terjun ke lapangan perlombaan atau kegiatan perkemahan, pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung terkenal dengan keaktifan dan prestasi yang gemilang. Selain itu pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung terkenal dengan sopan santun serta memiliki akhlak terpuji lainnya baik di lingkup sekolah maupun ketika terjun di luar sekolah. Maka dari itu penulis melakukan penelitian di SMAN 13 Bandar Lampung agar dapat mengetahui bagaimana Strategi Pelatih Pramuka dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik yang mengikuti pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung dan agar dapat mengetahui Faktor yang menjadi Pendukung dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik yang mengikuti pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pelatih Pramuka dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik yang mengikuti pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung dan agar dapat mengetahui Faktor yang menjadi Pendukung dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik yang mengikuti pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga alat pengumpul data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menentukan iv narasumber dalam wawancara penulis menggunakan teknik “wawancara tidak terstruktur (Unstructured Interview).” dengan bentuk pertanyaan terbuka sebagai salah satu teknik pengumpulan data. Wawancara ini ditujukan kepada Pembina Pramuka di SMAN 13 Bandar Lampung yang sekaligus berperan sebagai pelatih pramuka serta ditujukan kepada peserta didik yang mengikuti pramuka wajib. Tujuan wawancara ini untuk menanyakan Bagaimana strategi pelatih pramuka dalam pembinaan karakter peserta didik, dengan demikian dapat dipahami bahwa metode interview adalah metode tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana ada yang bertindak sebagai penerima informasi (penanya) dan ada yang bertindak sebagai pemberi informasi (penjawab). Kata Kunci: Strategi Pelatih Pramuka, Pembinaan Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:12
Last Modified: 05 Jan 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22540

Actions (login required)

View Item View Item