NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-AHQAF AYAT 15-16 (STUDI TAFSIR AL-MISBAH DAN IBNU KATSIR)

Andela, Mardiana (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-AHQAF AYAT 15-16 (STUDI TAFSIR AL-MISBAH DAN IBNU KATSIR). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Andela Mardiana .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kehidupan manusia pada zaman sekarang sudah banyak yang jauh dari nilai-nilai Al-Qur‘an. Akibatnya bentuk penyimpangan terhadap nilai tersebut mudah ditemukan dilapisan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari beberapa peristiwa yang terjadi, yang menunjukkan penyimpangan terhadap nilai yang berada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah Al-Ahqaf ayat 15-16 studi tafsir Al-Misbah dan Ibnu Katsir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui mengumpulkan buku-buku dan kitab-kitab tafsir yang menerangkan tentang penafsiran QS. Al-Ahqaf ayat 15-16 dan buku-buku yang menjelaskan tentang pendidikan akhlak serta yang lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam QS. Al-Ahqaf ayat 15-16 mengandung nilai-nilai pendidikan yang dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran PAI dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan akhlak diantaranya ialah : berbakti kepada kedua orang tua, bersikap hormat dan sopan santun terhadap kedua orang tua, dan berbuat baik kepada kedua orang tua serta bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:01
Last Modified: 05 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22537

Actions (login required)

View Item View Item