PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG

Vira, Aprilia Rosa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Vira Aprilia Rosa (1811060178).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG Oleh Vira Aprilia Rosa 1811060178 Masalah yang ada dilapangan adalah kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik yang masih sangat rendah. Proses pembelajaran di kelas yang masih belum berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu metode eskperimen terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control group design.Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan angket untuk mengukur kemandirian belajar yang telah diuji Validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis yang digunakan adalah uji manova. Berdasarkan hasil uji analisis manova (multivariate analysis of variance) diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu metode eskperimen terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, terlihat dari uji tes of between subjects diperoleh kemampuan pemecahan masalah sig. 0,000 < 0,05 dengan perbandingan Fhitung = 34,812 (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu metode eskperimen terhadap kemandirian belajar peserta didik, terlihat dari uji tes of between subjects diperoleh kemandirian belajar sig. 0,000 < 0,05 dengan perbandingan Fhitung = 25,204 (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantu metode eskperimen terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik, terlihat dari uji hipotesis dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar iii ABSTRACT PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPEDCLASSROOM BERBANTU METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG Oleh Vira Aprilia Rosa 1811060178 The problems in the field are problem solving abilities and learning independence of students which are still very low. The learning process in the classroom is still not student-centered. This study aims to determine the effect of the Flipped Classroom learning model assisted by the experimental method on the problem solving ability and learning independence of students. The method in this study is a quasi-experimental. The research design used in this study was a posttest-only control group design. The data collection technique used a test in the form of a description to measure problem solving abilities and a questionnaire to measure learning independence that had been tested for validity, reliability, discriminating power, and level of difficulty. The data analysis technique used is the normality test, homogeneity test and the hypothesis test used is the manova test. Based on the results of the manova (multivariate analysis of variance), the conclusions are: (1) There is an effect of the Flipped Classroom learning model assisted by the experimental method on the problem solving ability of students, as seen from the test of between subjects, the problem solving ability of sig. 0.000 < 0.05 with a ratio of Fcount = 34,812 (2) There is an effect of the Flipped Classroom learning model assisted by experimental methods on the learning independence of students, as seen from the test of between subjects obtained learning independence sig. 0.000 < 0.05 with a comparison of Fcount = 25.204 (3) There is an effect of the Flipped Classroom learning model assisted by the experimental method on the problem solving ability and learning independence of students, as seen from the hypothesis test with a sig value. 0.000 < 0.05. Keywords: Flipped Classroom Learning Model, Problem Solving Skill, Independent Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:54
Last Modified: 05 Jan 2023 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item View Item