PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GARIBOX (GAMBAR BERSERI DAN SCRAPBOX) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS IV DI SD IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG

Wiwik, Anggraini (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GARIBOX (GAMBAR BERSERI DAN SCRAPBOX) TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS IV DI SD IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Wiwik Anggraini 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan media pembelajaran adalah salah satu yang mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran yang berdampak positif terhadap hasil keterampilan menyimak peserta didik. Berdasarkan hasil pra�penelitian bahwa keterampilan menyimak peserta didik pada saat proses belajar masih rendah, dengan data yang dikumpulkan melalui tes, wawancara dan dokumentasi sebagai pelengkap. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya media belum menjadi suatu pilihan dalam setiap proses pembelajaran, pembelajaran menyimak masih bersifat konvensional. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering kali hanya mendengarkan dan mencatat materi yang disampaikan guru. Sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan penggunaan media pembelajaran Garibox (Gambar Berseri dan Scrapbox) di dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi dongeng. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Garibox (Gambar Berseri dan Scrapbox) terhadap keterampilan menyimak siswa pada kelas IV di SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung yang berjumlah 46 peserta didik, sedangkah sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara randam yaitu kelas IV Mush’ab Bin Umair sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas IV Abu Dzar Al-Ghifari sebagai kelas kontrol berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes soal pretest dan posttest berbentuk soal lisan atau komunikasi interaktif dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-tes untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan uji Kolmogrov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dengan menggunakan rumus Kolmogrov Smirnov. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Garibox (Gambar Berseri dan Scrapbox) terhadap keterampilan menyimak adanya peningkatan, hasil dari keterampilan menyimak Posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai lebih tinggi dengan nilai rata-rata 86,41. Sementara untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 79,36, sehingga selisih rata-rata dari kelas eksperimen dan kontrol sebesar 7,05. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolah dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Garibox (Gambar Berseri dan Scrapbox) terhadap keterampilan menyimak pada siswa kelas IV di SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Kata Kunci: Pengaruh, Media Pembelajaran Garibox dan Keterampilan Menyimak. iii ABSTRAK The use of learning media is one that influences the effectiveness of the learning process which has a positive impact on the results of students' listening skills. Based on the results of pre-research that students' listening skills during the learning process are still low, with data collected through tests, interviews and documentation as a complement. This is caused by various factors, one of which is the media has not become an option in every learning process, listening learning is still conventional. In the learning process students often only listen and record the material presented by the teacher. So that it causes students to be less active and involved in the learning process. To overcome this problem, the researcher applied the use of Garibox learning media (Series Pictures and Scrapbox) in the Indonesian language learning process on fairy tale material. The purpose of this research is to determine the effect of Garibox learning media (Series Pictures and Scrapbox) on the listening skills of students in class IV at SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. This research uses quantitative methods with the type of research used is Quasy Experiment. The population in this study were fourth grade students at SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung totaling 46 students, while the sample in this study were 2 classes selected randomly, namely class IV Mush'ab Bin Umair as an experimental class totaling 24 students and class IV Abu Dzar Al-Ghifari as the control class totaling 22 students. The data collection technique used was in the form of pretest and posttest questions in the form of oral questions or interactive communication and observation. The data analysis technique in this study used the t-test to answer the hypothesis. Normality test with the Kolmogrov Smirnov test to find out whether the data is normally distributed or not. Then a homogeneity test was carried out to find out whether the data was homogeneous or not by using the Kolmogrov Smirnov formula. The results of this study indicate that the Garibox learning media (Serial Image and Scrapbox) has an increase in listening skills, the results of the Posttest listening skills of the experimental class get higher scores with an average score of 86.41. Meanwhile, the control class had an average value of 79.36, so that the average difference between the experimental and control classes was 7.05%. Hypothesis testing was carried out using an independent sample t-test with a sig value. (2-tailed) of 0.000 which has a value less than 0.05. So it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an influence of learning media Garibox (Picture Series and Scrapbox) on listening skills in class IV students at SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Keywords: Influence, Garibox Learning Media and Listening Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:23
Last Modified: 05 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22523

Actions (login required)

View Item View Item