PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 6 KEDONDONG PESAWARAN

FIANI, INDRIA SARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 6 KEDONDONG PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Fiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam skripsi ini di latarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum mampu memaksimalkan pembelajaran IPA dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru bisa menjadi tempat untuk mengobrol, sulit sekali membuat kelompok yang dapat bekerja sama secara harmonis dan kurang aktif peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, sehingga membuat rendahnya hasil belajar IPA peserta didik dikarenakan peserta didik kurang aktif secara keseluruhan dalam mengikuti pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 6 Kedondong Pesawaran tahun ajaran 2022/2023. Oleh karena itu, perlu model pembelajaran dengan tipe baru yang bisa membuat peserta didik aktif juga termotivasi supaya belajar dengan aktif atas dasar dan keahliannya juga keyakinannya sendiri, dengan ini bisa dikembangkannya kreativitas peserta didik dengan diselesaikannya sebuah masalah dan dapat menigkatkan hasil belajar IPA. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Kedondong Pesawaran tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 90 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Dari teknik tersebut kelas IV A yang terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dan kelas IV B yang terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa nilai rata�rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange lebih tinggi yaitu 85.00 di bandingkan dengan nilai rata-rata menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning yaitu 76.00. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-T, sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji Independen Sampel t-test. Berdasarkan pada tabel Independen sampel test hasil signifikannya adalah 0,001 (sig:2 tailled equal variances assumed), jadi 0,001 < 0,05 (nilai probabilitas) sehingga dapat dikatakan bahwa diterima, karena sesuai dengan kriteria yaitu nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, maka ditolak dan diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05. Maka ditolak dan diterima. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV di SD Negeri 6 Kedondong Pesawaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE), Hasil Belajar, IPA iv ABSTRAK The research in this thesis is motivated by the learning model used by teachers who have not been able to maximize science learning because the learning model used by teachers can be a place to chat, it is very difficult to create groups that can work together harmoniously and students are less active in participating in learning, so as to make the students' natural science learning outcomes low because students are not as active as a whole in participating in science learning in class IV SD Negeri 6 Kedondong Pesawaran for the 2022/2023 academic year. Therefore, we need a learning model with a new type that can make students active and motivated so that they learn actively on the basis of their expertise and their own beliefs, with this the creativity of students can be developed by solving a problem and can improve science learning outcomes. The approach in this research is a quantitative approach. This type of research is Quasi Experiment with Nonequivalent Control Group Design. The population of this study was all fourth grade students at SD Negeri 6 Kedondong Pesawaran for the 2022/2023 academic year with a total of 90 students. The sampling technique uses the Random Sampling technique. The sample in this study was taken using the Cluster Random Sampling technique. From this technique class IV A consisting of 30 students as an experimental class using the Cooperative Learning Type Rotating Trio Exchange (RTE) learning model and class IV B consisting of 30 students as a control class using the Cooperative Learning model. Based on the research that has been done, it shows that the average value of student learning outcomes using the Rotating Trio Exchange Type Cooperative Learning model is higher, namely 85.00 compared to the average value using the Cooperative Learning learning model, which is 76.00. Based on hypothesis testing using the T-Test, according to the basis for decision making in the Sample Independent Test t-test. Based on the Independent sample test table, the significant result is 0.001 (sig:2 tailed equal variances assumed), so 0.001 <0.05 (probability value) so that it can be said that H_1 is accepted, because it fits the criteria, namely the significance value (2-tailed) < 0.05, then H_0 is rejected and H_1 is accepted. The results of this study indicate that the sig. 0.001 <0.05. Then H_0 is rejected and H_1 is accepted. So it can be concluded that there is an influence of the Cooperative Learning Type Rotating Trio Exchange (RTE) learning model on the science learning outcomes of class IV students at SD Negeri 6 Kedondong Pesawaran. Keywords: Cooperative Learning Model of Rotating Trio Exchange (RTE) Type, Learning Outcomes, Science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:15
Last Modified: 05 Jan 2023 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item