IMPLEMENTASI PERMENHUB NOMOR PM 14 TAHUN 2021 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERMENHUB NOMOR PM 82 TAHUN 2018 TENTANG ALAT PENGENDALI DAN PENGAMAN PENGGUNA JALAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

Albi, Aulia Luthfi (2023) IMPLEMENTASI PERMENHUB NOMOR PM 14 TAHUN 2021 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERMENHUB NOMOR PM 82 TAHUN 2018 TENTANG ALAT PENGENDALI DAN PENGAMAN PENGGUNA JALAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ALBI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Persepsi diartikan sebagai pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan kesan terkait baik atau buruknya sesuatu. Namun pada kenyataannya masalah yang terjadi di MAN 1 Lampung Tengah, masih terdapat peserta didik dikelas XI IPS 3 yang memiliki pandangan atau persepsi yang rendah terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Menganggapi hal tersebut peneliti bermaksud untuk melaksanakan teknik reframing dalam upaya untuk meningkatkan persepsi yang ada dengan memberikan pandang yang lebih luas dalam menyikapi permasalahan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap layanan bimbingan dan konseling di MAN 1 Lampung Tengah, menganalisis proses pelaksanaan konseling dengan teknik reframing dan mengetahui perubahan persepsi yang diperoleh peserta didik setelah pelaksanaan teknik reframing. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang peserta didik dari kelas XI IPS 3 yang proses dan perubahannya sejalan dengan tujuan teknik reframing.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pelaksanaan konseling dengan teknik reframing dalam meningkatlkan persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan layaanan bimbingan dan konseling di MAN 1 Lampung Tengah dan sub-fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui perubahan persepsi yang diperoleh setelah pelaksanakan teknik reframing terhadap persepsi peserta didik dalam layanan bimbingan dan konseling di MAN 1 lampung Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik merasa nyaman dan terbuka untuk menceritakan permasalahan-permasalahan yang dialaminya kepada peneliti, sehingga dalam hal ini peserta didik dapat mengeksplor permasalahannya, mengekspresikan keinginaan dan harapannya serta mampu menemukan cara pandang baru sebagai langkah penyelesaian untuk mengentaskan masalahnya. Kata kunci : Teknik Reframing, Persepsi, Peserta Didik. iii ABSTRACT Perception is defined as the experience of objects, events or relationships obtained by inferring information and interpreting impressions related to good or bad things. Although, in fact the problem that occurs in MAN 1 Central Lampung, there are still students in class XI IPS 3 who have a low view or perception of the implementation of guidance and counseling services. In response to this, the researcher intends to implement a reframing technique in an effort to improve existing perceptions by providing a broader perspective in addressing student problems. This study aims to determine the perception of students on guidance and counseling services at MAN 1 Central Lampung, analyze the process of implementing counseling with reframing techniques and find out the changes perception that students get after the implementation of the reframing technique. The method used in this research is qualitative with a case study research design. The subjects in this study were 6 students from class XI IPS 3 whose processes and changes were in line with the objectives of the reframing technique. The data collection techniques in this study included observation, interviews and documentation. The focus of this study is to analyze the process of implementing counseling with reframing techniques on the perceptions of students in the implementation of guidance and counseling services at MAN 1 Central Lampung and the sub-focus in this study is to find out the changes obtained after implementing the reframing technique on the perceptions of students in guidance services. and counseling at MAN 1 Central Lampung. The results of the study indicate that students feel comfortable and open to tell the problems they are experiencing to researchers, so that in this case students can explore the problem, express their wishes and hopes and be able to find new perspectives as a solution to the problem. Key Word : Reframing Technique, Perception, Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:52
Last Modified: 05 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22521

Actions (login required)

View Item View Item