IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID MELALUI KITAB TUHFATUL ATHFAL DI PONDOK PESANTREN MATHLA‟UL „ULUM KELURAHAN MULYA ASRI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Lusi, Kurnia (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID MELALUI KITAB TUHFATUL ATHFAL DI PONDOK PESANTREN MATHLA‟UL „ULUM KELURAHAN MULYA ASRI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 &B BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LUSI KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tajwid merupakan ilmu yang berguna untuk memperbaiki bacaan al-Qur‘an supaya sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Jika tidak mengikuti kaidah ilmu tajwid maka dapat menimbulkan kesalahan dalam membaca al-Qur‘an, akibatnya dapat merubah arti dari ayat al-Qur‘an. Meskipun mempelajari ilmu tajwid fardhu kifayah. Namun, hukum membaca al-Qur‘an dengan tajwid yang benar adalah fardhu ‗ain. Dengan demikian, untuk dapat memahami tajwid maka diperlukan sumber untuk belajar tajwid yaitu kitab tuhfatul athfal. Salah satu kitab yang membahas mengenai hukum�hukum tajwid dengan ringkas dan jelas. Dengan kitab tuhfatul athfal diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai ketentuan membaca al-Qur‘an supaya terhindar dari kesalahan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya: 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tajwid melalui kitab tuhfatul athfal di Pondok Pesantren Mathla‘ul ‗Ulum, 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tajwid melalui kitab tuhfatul athfal di Pondok Pesantren Mathla‘ul ‗Ulum, 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tajwid melalui kitab tuhfatul athfal di Pondok Pesantren Mathla‘ul ‗Ulum, 4) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran tajwid melalui kitab tuhfatul athfal di Pondok Pesantren Mathla‘ul ‗Ulum. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpul data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai implementasi pembelajaran tajwid melalui kitab tuhfatul athfal, sedangkan data sekunder berupa teori-teori pendukung serta data penunjang lainnya. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teori Miles and Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tajwid melalui kitab tuhfatul athfal di Pondok Pesantren Mathla‘ul ‗Ulum terbagi menjadi tiga bagian yaitu: Perencanaan pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran yaitu memahami tajwid dan mempraktikkan, bahan/materi yaitu kitab tuhfatul athfal mulai Bab nun suku sampai Bab mad, media yang digunakan kitab tuhfatul athfal, papan tulis, spidol. Metode pembelajaran meliputi metode bandongan, hafalan, tanyajawab dan ceramah. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap penutup, dan Evaluasi pembelajaran menggunakan tes lisan dan tes tertulis. Kemudian, faktor pendukung yaitu guru dan sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi santri. Kata kunci: Implementasi pembelajaran tajwid, Kitab tuhfatul athfal iii ABSTRACT Tajweed is a useful science to improve the reading of the Qur‘an in accordance with the rules of tajweed. If you do not follow the rules of tajwid, it can cause errors in reading the Qur‘an, consequently can change the meaning of the verses of the Qur‘an. Even though studying tajwid fardhu kifayah. But, the law of reading the Qur‘an with the correct tajwid is fardhu ‗ain. Thus, to be able to understand tajwid, a source for learning recitation is needed, namely the tuhfatul athfal book. One of the books that discusses the laws of recitation in a concise and clear manner. With the book of tuhfatul athfal, it can be expected to provide an understanding of the provisions of reading the Qur‘an in order to avoid mistakes. This research has several objectives including: 1) describe the planning of tajwid learning through the book of tuhfatul athfal at the mathla‘ul ‗ulum Islamic boarding school, 2) describe the implementation of tajwid learning through the book of tuhfatul athfal at the mathla‘ul ‗ulum Islamic boarding school, 3) describe the evaluation of tajwid learning through the book of tuhfatul athfal at the mathla‘ul ‗ulum Islamic boarding school, 4) describe the supporting factors and inhibiting factors of learning recitation through the book of tuhfatul athfal at the mathla‘ul ‗ulum Islamic boarding school. This research method is a qualitative method, the type of research is descriptive field research. This study uses data collection techniques of observation, interview and documentation. Primary data is obtained directly from respondents regarding the implementation of recitation learning through the book of tuhfatul athfal. While secondary data is in the form of supporting theories and other supporting theories. This research uses source triangulation and technique triangulation. Data analysis using Miles and Hubermen theory, namely data reduction, pretentaion and conclusion drawing. The results of the study indicate that the implementation of recication learning through the book tuhfatul athfal in the Islamic Mathla‘ul ‗Ulum Islamic Boarding School is delivided into three parts, namely : learning planning includes learning objectives, namely understanding tajwid and practicing, materials, namely the tuhfatul athfal book from the nun sukun chapter to the mad law. The media used are the tuhfatul athfal book, blackboard, markers, and eraser. Learning methos include bandongan methods, memorization, Question and answer lecturer. The implementation of learning consists of three stages, namely the initial stage, the core stage, and the closing stage. Then, the supporting factor is the teacher and facilities and infrastructure, while the inhibiting factor is the condition of the students. Keyword: Implementation of tajwid learning, the book of tuhfatul athfal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:54
Last Modified: 05 Jan 2023 01:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22518

Actions (login required)

View Item View Item