MANAJEMEN KURIKUKUM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

ALISYA, DWI NOPITA (2023) MANAJEMEN KURIKUKUM DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V _Perpustakaan Pusat.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Alisya Dwi Nopita_1811030144_Logo UIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam menerapkan Manajemen kurikulum Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung menjadikan visi-misi sebagai pedoman dalam menjalankan perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum selain ketentuan dari pemerintah. Hal ini terjadi karena, visi-misi sekolah ini sudah mencakup dari keseluruhan karakter sekolah yaitu dengan visi sekolah Terwujudnya Generasi Berakhlak Qur’ani Kebanggaan Kota Bandar Lampung. Peneliti tertarik meneliti di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dikarena sekolah ini termaksud sekolah islam swasta yang memiliki nilai yang bagus yaitu akreditasi A dengan nilai rata-rat 96- 100. Tujuan penelitian ini adalah Pertama Untuk Mengetahui Perencanaan Kurikulum Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, Kedua Untuk mengetahui pengorganisasian kurikulum di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, Ketiga Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum di Sekolah Dasar Muhamadiyah 1 Bandar Lampung, Keemat Untuk mengetahui evaluasi kurikulum di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori dari Dinn wahyudin, Rusman, Beane James,Oemar hamalik, Zaenul fitri, Hamid hasan, Hasan, Thomas Lickona,. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana penulis melakukan penelitian secara langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah sifatnya kualitatif. Selain itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Sumber data dalam skripsi ini ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Adapun sumber dari data tersebut adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum,dan Guru. Selanjutnya teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama,perencanaan kurikulum yang diantaranya yaitu perencanaan kurikulum internal dan eksternal dan juga desaint kurikulum bahwa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung sangat memperhatiakan perencanaan kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kedua, pengorganisasian kurikulum menunjukan bahwa pengorganisasian mata pelajarannya sudah berbentuk buku tematik yang mana untuk kelas bawah 1- 3 semua sudah menjadi satu buku dan untuk kelas 4-6 semuanya terkecuali pelajaran matematika. Ketiga, Pelaksanaan kurikulum pelaksanaan kurikulum yang dilakukan oleh lembaga dalam proses menujuke arah yang lebih baik dari segi pembelajarannya maupun kelembagaanya terbagi menjadi tiga yaitu Pengecekan kesiapan guru,pemeriksaan 3 bulan sekali, Mengadakan pelatihan dalam rangka untuk membina guru-guru agar dapat bekerja lebih baik lagi. Keempat, pengevaluasian dilakukan melalui 2 tahapan yaitu pertama evaluasi input dan evaluasi output. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Sekolah iii Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung terkait manajamen kurikulum, dapat direkomendasikan beberapa saran sebagai upaya perbaikan ditahun berikutnya, adapun saran- sarapan peneliti yaitu: a.Untuk pihak sekolah semoga dapat meningkatkan dan mempertahankan program-program pendidikan karakter di sekolah. b.Untuk kepala madrasah, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, penerapan Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung sudah berjalan baik dan semoga kepala sekolah tetap mempertahankan program-program yang telah dilaksanakan dan melakukan peningkatan lebih lanjut agar bisa mencapai keseluruhan visi-misi . c. Untuk guru sebagai pendidik di sekolah disarankan untuk selalu meningkatkan keteladanan dan selalu memberi motivasi. d. Untuk pengurus, komite dan masyarakat sekitar lingkunag sekolah diharapkan adanya rasa memiliki terhadap madrasah yang dikelola, mampu mendukung dan terus bekerja sama membantu jalannya kegiatan di sekolah, serta mengawasi seluruh kegiatan yang berlangsung di sekolah untuk mengetahui perkembangannya. Kata Kunci: Manajemen kurikulum di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Bandar Lampung iv ABSTRACT In implementing the curriculum Management of Muhammadiyah 1 Bandar Lampung Elementary School, the vision-mission is used as a guide in carrying out the planning, organizing, implementing, and evaluating the curriculum in addition to the provisions of the government. This is because the school's visions and missions cover the entire character of the school, namely the school's vision of the Realization of a Generation of Qur'anic Morals, the Pride of the City of Bandar Lampung. Researchers were interested in researching at Muhammadiyah 1 Bandar Lampung Elementary School because this school was a private Islamic school that has good grades, namely A accreditation with an average score of 96-100. The purpose of this study was first to find out the curriculum planning in Muhammadiyah 1 elementary school Bandar Lampung, second to find out the organization of the curriculum at Muhammadiyah 1 elementary school Bandar Lampung, third to find out the implementation of the curriculum at Muhammadiyah 1 elementary school Bandar Lampung, fourth to find out the evaluation of the curriculum at the school. Basic Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. In this study, the authors use the theory of Dinn Wahyudin, Rusman, Beane James, Oemar hamalik, Zaenul fitri, Hamid Hasan, Hasan, Thomas Lickona,. This research was a field research, where the author conducts research directly to the location to obtain and collect data. This research was carried out in the field to examine the qualitative nature of the problem. In addition, to answer these questions, the researchers used a qualitative description approach. There were two sources of data in this thesis, namely: primary data and secondary data. The sources of the data are the Principal, Deputy Head of Curriculum, and Teachers. Furthermore, data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The results obtained from this study were: First, curriculum planning which includes internal and external curriculum planning and curriculum design that at Muhammadiyah 1 Bandar Lampung Elementary School was very concerned about curriculum planning according to community needs. Second, the organization of the curriculum shows that the organization of the subjects has been in the form of thematic books where for grades 1-3 have all become one book and for grades 4-6 everything except mathematics. Third, the implementation of the curriculum implementation of the curriculum carried out by the institution in the process of going in a better direction in terms of learning and the institution was divided into three, namely checking teacher readiness, checking every 3 months, holding training in order to foster teachers so that they can work better. Fourth, the evaluation is carried out through 2 stages, namely the first evaluation of inputs and evaluation of outputs. Based on the results of research conducted by researchers at Muhammadiyah 1 Elementary School Bandar Lampung related to curriculum management, several suggestions can be recommended as an effort to improve the following year, while the suggestions for breakfast are: a. For the school, v hopefully it can improve and maintain character education programs in schools.b. For madrasah heads, based on observations made by researchers, the implementation of Curriculum Management at Muhammadiyah 1 Bandar Lampung Elementary School has been going well and hopefully the principal will continue to maintain the programs that have been implemented and make further improvements in order to achieve the overall vision and mission . c.For teachers as educators in schools it is recommended to always increase exemplary and always provide motivation. d. For administrators, committees and the community around the school environment, it is hoped that there will be a sense of ownership of the madrasah that is being managed, able to support and continue to work together to help carry out activities at school, as well as oversee all activities that take place in schools to find out progress. Keywords: Curriculum management at Muhammadiyah 1 Elementary School Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 09:50
Last Modified: 04 Jan 2023 09:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item