PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG

SEFTIA, FUTRI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi Cetak Seftia Futri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di MIN 10 Bandar Lampung, dimana belum menerapkan pendekatan pembelajaran tertentu sehingga kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik relatif rendah. Dapat dilihat saat observasi kemampuan berfikir kreatif ketika melakukan keterampilan fluency (kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan), keterampilan flexibly (kemampuan untuk menghasilkan ragam gagasan), keterampilan elaboration (kemampuan untuk mengembangkan gagasan) dan keterampilan originality (kemampuan menghasilkan gagasan yang tidak biasa) menunjukkan masih banyak yang belum terampl. Serta ketika pengambilan hasil nilai ulangan harian dan tes yang menunjukkan hasil belajar IPS masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di MIN 10 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A MIN 10 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah Distribusi frekuensi, distribusi persentase, mean dan deviasi frukuensi yang merupakan analisis data PTK jenis Kuantitatif. Indikator keberhasilan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 73 sedangkan Mastery Learning 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan konstruktivime untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dapat mengingkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik kelas V MIN 10 Bandar Lampung dapat dibuktikan dengan proses pra-siklus atau belum dilaksanakannya pendekatan konstruktivisme persentase hasil belajar IPS yang didapat untuk peserta didik tuntas adalah 41% sedangkan yang belum mencapai ketuntasan adalah sekitar 59%. Tetapi setelah diterapkannya pendekatan konstruktivisme pada siklus I persentase hasil belajar untuk peserta didik yang tuntas adalah 72% dengan peserta didik yang belum tuntas adalah 28%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 95% sedangkan untuk peserta didik yang belum tuntas adalah sebanyak 5%. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian yang dilakukan bahwa penerapan pendekatan kontruktivisme sangat layak untuk digunakan untuk mencapai ketuntasan kemampuan bertfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik Kata Kunci: Pendekataan Konstruktivisme, Berfikir Kreatif, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial. iv ABSTRACT This research is motivated by the condition of students in social studies subject class V MIN 10 Bandar Lampung who have not applied a certain learning approach so that the ability to think creatively and student learning outcomes is relatively low. This can be seen when observing creative thinking skills when performing fluency skills (the ability to generate many ideas), flexibly skills (the ability to generate various ideas), elaboration skills (the ability to develop ideas) and originality skills (the ability to generate ideas). unusual idea). many are unskilled. And at the time of taking the results of the daily test scores and tests that show the social studies learning outcomes have not reached the minimum completeness criteria. In this case the researcher tries to overcome the problems faced by using a constructivist approach that aims to improve creative thinking skills and student learning outcomes in social studies subjects for class V MIN 10 Bandar Lampung. This type of research uses Class Action Research (Class Action Research). The subject of this research is students of class V A MIN 10 Bandar Lampung. This data collection method uses interviews, observations, documentation and tests. Analysis of the data used is the distribution of frequency, percentage distribution, mean and frequency deviation which is a quantitative type of CAR data analysis. The success indicator with minimum completeness criteria (KKM) is 73 while Mastery Learning is 80%. The results showed that the application of the constructivist approach to improve creative thinking skills and learning outcomes in social studies subjects could improve creative thinking skills and learning outcomes for fifth grade students at MIN 10 Bandar Lampung. The IPS obtained for complete students is 41% while those who have not achieved completeness are around 59%. But after the implementation of the constructivism approach in the first cycle, the percentage of learning outcomes for students who completed was 72% with students who had not completed 28%. In the second cycle, there was an increase of 95% while for students who had not completed it was as much as 5%. So it can be concluded from the research conducted that the application of the constructivism approach is very feasible to be used to achieve complete creative thinking skills and student learning outcomes. Keywords: Constructivism Approach, Creative Thinking, Learning Outcomes, Social Sciences.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 09:29
Last Modified: 04 Jan 2023 09:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22509

Actions (login required)

View Item View Item