PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMK DIPONEGORO TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

DESWANDA, AMELIA (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMK DIPONEGORO TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESWANDA AMELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI KELAS X DI SMK DIPONEGORO TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Oleh Deswanda Amelia Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkuannya. Dengan pendidikan peserta didik dapat merubah pola fikirnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Pendidikan agama islam di sekolah diajarkan guna menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap agama islam. Dengan seiring perkembangan zaman teknologi semakin berkembang membawa berbagai dampak, baik negatif maupun positif termasuk dalam ranah pendidikan. Pendidikan harus selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi agar tak terjadi kesenjangan di dalamnya. Berawal dari proses pembelajaran yang dahulu dilakukan secara offline yang kemudian karena adanya wabah virus covid-19 yang mengharuskan proses pembelajaran dilakukan dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan media internet, maka dari itu pembelajaran daring diterapkan. bentuk tatap muka antara pendidik dengan peserta didik akan tetapi melalui komunikasi dengan dua arah. Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas seperti komputer, laptop maupun smartphone yang dihubungkan dengan jaringan internet, bukan hanya terpacu pada buku saja, dengan begitu dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. minat adalah kecenderungan terus�menerus untuk memperhatikan dan mengingat beberapa kegiatan. Kegiatan yang peserta didik tertarik, memperhatikan secara terus menerus disertai rasa senang dan kepuasan yang diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah pembelajaran daring berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Pembelajaran daring disini sebagai variabel x (yang mempengaruhi), sedangkan minat belajar sebagai variabel y (sebagai yang dipegaruhi). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 53 peserta didik kelas X SMK Diponegoro Tanjung Bintang. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar dua buah angket yang masing-masing terdiri dari 25 pertanyaan variabel x yaitu pembelajaran daring dan 25 pertanyaan variabel y yaitu minat belajar peserta didik. Uji kelayakan angket menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, pengujian hipotesis penelitian dihitung dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, menghitung uji signifikansi korelasi, dan menghitung koefisien determinasi. Semua bentuk perhitungan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil H0 ditolak, dan Ha diterima. maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran daring terhadap minat belajar peserta didik hal ini sesuai dengan hasil yang diperoleh dari analisis korelasi yang menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi ( r hitung) sebesar 0,116, lalu nilai t-hitung adalah sebesar 0,834. Sedangkan nilai t-tabel korelasi dengan N = 53 adalah 0,265. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x terhadap variabel y dimana nilai t-hitung > t-tabel yaitu 0,834 > 0,265. Serta besaran kontribusi pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar peserta didik dapat dilihat pada koefisien determinasi pada R Square yaitu sebesar 0,113 atau jika dipersenkan menjadi sebesar 11,3%. Hal ini membuktikan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar peserta didik sebesar 11,3% sedangkan sisa nya sebesar 88,4% merupakan pengaruh dari kontribusi variabel lainnya. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar PAI iii ABSTRACT THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON LEARNING INTEREST OF STUDENTS IN CLASS X PAI AT SMK Diponegoro, TANJUNG BINTANG SELATAN LAMPUNG DISTRICT By: Deswanda Amelia Education is a process in order to influence students to adapt to their environment. With education, students can change their mindset in solving the problems they face. Islamic religious education in schools is taught to foster students' understanding of the Islamic religion. Along with the development of the era, technology is growing, bringing various impacts, both negative and positive, including in the realm of education. Education must always follow the development of information technology so that there are no gaps in it. Starting from the learning process that was previously carried out offline which was later due to the covid-19 virus outbreak which required the learning process to be carried out from each other's homes by utilizing internet media, therefore online learning was applied. face-to-face form between educators and students but through two-way communication. Online learning can be done by utilizing facilities such as computers, laptops or smartphones that are connected to the internet network, not only based on books, so it can foster student interest in learning. Interest is a persistent tendency to pay attention and remember some activities. Activities that students are interested in, pay attention to continuously accompanied by a sense of pleasure and satisfaction received. The purpose of this study is that online learning has a significant effect on students' interest in learning. Online learning here is as variable x (which affects), while interest in learning is as variable y (as influenced). This research method uses a quantitative research approach with the type of research being correlation research. The sample used in this study were 53 students of class X SMK Diponegoro Tanjung Bintang. The research was conducted by distributing two questionnaires, each of which consisted of 25 questions for the x variable, namely online learning and 25 questions for the y variable, namely the students' interest in learning. The questionnaire feasibility test used validity and reliability tests. Furthermore, the research hypothesis testing is calculated using the Pearson Product Moment correlation formula, calculating the correlation significance test, and calculating the coefficient of determination. All forms of calculations use the help of the SPSS version 22 program. Based on the results of the analysis that has been carried out, the results obtained are H0 is rejected, and Ha is accepted. it can be seen that there is a significant effect of online learning on students' interest in learning this is in accordance with the results obtained from correlation analysis which shows that the correlation coefficient (rcount) is 0.116, then the t-count value is 0.834. While the value of the t-table correlation with N = 53 is 0.265. This shows that there is a significant effect between the variable x on the variable y where the value of t-count > t-table is 0.834 > 0.265. And the magnitude of the contribution of the influence of online learning on students' interest in learning can be seen in the coefficient of determination on R Square which is 0.113 or if it is percentage it becomes 11.3%. This proves that there is an effect of online learning on students' interest in learning by 11.3% while the remaining 88.4% is the influence of the contribution of other variables. Keywords: Online Learning, PAI Learning Interest

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 09:21
Last Modified: 04 Jan 2023 09:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22508

Actions (login required)

View Item View Item