PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 WAY TENONG LAMPUNG BARAT

IMAM, FAJRI SAPUTRA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 WAY TENONG LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi IMAM FAJRI SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Way Tenong Lampung Barat. Terdapat beberapa faktor rendahnya hasil belajar yakni peserta didik kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Ditambah lagi model pembelajaran yang kurang bervariasi mengakibatkan kurangnya motivasi belajar dan menurunnya daya konsentrasi pada peserta didik. Sehingga perolehan hasil belajar tidak tercapai dengan optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memilih model pembelajaran Team Games Tournamnet yang mana siswa berperan aktif selama proses pembelajran kemudian dapat belajar bekerjasama dengan baik sehingga hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasy Eksperimen Design). Penelitian ini menggunakan desain nonequevalent control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Way Tenong Lampung Barat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test untuk menjawab uji hipotesis. Uji normalitas dilakukan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas dilakukan menggunakan Levene Statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan nilai sig (2- tailed) yaitu 0,037 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima atau model pembelajaran Team Games Tournament berpengaruh signifikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 2 Way tenong Lampung Barat. Kata kunci : Team Games Tournament, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 09:12
Last Modified: 04 Jan 2023 09:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22507

Actions (login required)

View Item View Item