IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR

FITRI, KUSUMA WARDANI (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini memiliki latar belakang masalah yang didasarkan pada hasil wawancara dengan guru BK, dimana terdapat peserta didik kelas viii yang mengalami kesulitan belajar di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Dalam skripsi ini peneliti memiliki beberapa rumusan masalah, yaitu gambaran kesulitan belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar, Implementasi layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar, dan Hasil dari mengatasi kesulitan belajar oleh guru BK kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif naratif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek dalam penilitian sekaligus informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 1 Terbanggi Besar sebagai pelaksana implementasi layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Objek penelitian yaitu implementasi layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan implementasi layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan layanan konseling individual, peserta didik di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar memiliki gambaran kesulitan belajar yang dialami yaitu peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam hal keterampilan belajar dan organisasional, ditandai dengan karakteristik, seperti: sulit mengelola waktu (telat mengumpulkan tugas), menunda pekerjaan (seperti lamban mengerjakan tugas), dan jenis kesulitan belajar yang dialami selanjutnya yaitu bahasa tulis, ditandai dengan karakteristik seperti: kurang memahami struktur kalimat (kalimat tidak lengkap, tidak memperhatikan tata bahasa, lemah dalam bahasa tulis, tulisan kurang rapi, huruf tidak jelas, penggunaan huruf kapital tidak tepat, tulisan terlalu kecil atau terlalu besar). Implementasi layanan konseling individu dalam mengatasi kesulitan belajar iii peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar yaitu, guru BK memahami masalah yang sedang dialami peserta didik, guru BK menganalisis sebab-sebab masalah yang dialami peserta didik, guru BK mengunakan metode khusus yang digunakan dalam proses konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami peserta didik, selanjutnya guru BK mengevaluasi dari hasil konseling yang dilakukan terhadap peserta didik, apakah ada perubahan atau tidak ada perubahan. Hasil dari mengatasi kesulitan belajar oleh guru BK kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar setelah dilaksanakannya layanan konseling individu yaitu terdapat perubahan terhadap kedua peserta didik, peserta didik merasa lega dan termotivasi oleh guru BK. Kata Kunci: Implementasi, Konseling Individu dan Kesulitan belajar iv ABSTRACT This thesis has a background problem which is based on the results of interviews with counseling teachers, where there are students in grade VIII who have learning difficulties at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. In this thesis the researcher has several problem formulations, namely the description of the learning difficulties of students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar, the implementation of individual counseling services in overcoming learning difficulties for class VIII students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar, and the results of overcoming learning difficulties by the counseling teacher to students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. This study used data collection techniques of interviews, observation, and documentation. The subjects in the research as well as the informants in this study were guidance and counseling teachers at SMP Negeri 1Terbanggi Besar as implementers of the implementation of individual counseling services in overcoming learning difficulties for class VIII students at SMP Negeri 1Terbanggi Besar. The object of research is the implementation of individual counseling services in overcoming the learning difficulties of class VIII students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. All of these data are materials to describe the implementation of individual counseling services in overcoming the learning difficulties of class VIII students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. The results showed that prior to the implementation of individual counseling services, students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar had a description of the learning difficulties they experienced, namely students experienced learning difficulties in terms of learning and organizational skills, characterized by characteristics, such as: difficulty managing time (late submitting assignments) ), procrastinating work (such as being slow to do assignments), and the type of learning difficulties experienced next, namely written language, characterized by characteristics such as: lack of understanding of sentence structure (incomplete sentences, not paying attention to grammar, weak in written language, untidy writing, the letters are not clear, the use of capital letters is not correct, the writing is too small or too big). v Implementation of individual counseling services in overcoming learning difficulties for class VIII students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar, namely, the counseling teacher understands the problems being experienced by students, the counseling teacher analyzes the causes of the problems experienced by students, the counseling teacher uses special methods used in the counseling process is in accordance with the problems experienced by students, then the counseling teacher evaluates the results of counseling carried out on students, whether there is a change or no change. The results of overcoming learning difficulties by the counseling teacher for students at SMP Negeri 1 Terbanggi Besar after the implementation of individual counseling services, namely that there were changes in both students, students felt relieved and motivated by the counseling teacher. Keywords: Implementation, Individual Counseling and strengthening of learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 09:01
Last Modified: 04 Jan 2023 09:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22506

Actions (login required)

View Item View Item