PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AWALIYAH REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN

Rizki, Febrian Kaldi (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AWALIYAH REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RIZKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang peran kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter guru. Subjek penelitian ini adalah Madrasah Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan Menanamkan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakup, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab oleh karena itu kepala madrasah sebagai pimpinan lembaga pendidikan sangat berfungsi dan berperan, tentunya orang yang penting bertanggung jawab atas segala aktifitasnya serta meju atau mundur, baik atau jelek, kualitas atau tidaknya sebuah pendidikan yang dipimpinya, sedangkan penanaman nilai-nilai karakter terhadap guru juga menjadi penting karena ujung tombak pendidikan lerletak kepada guru sebagai seorang pengajar dan sebagai pembentuk nilai-nilai karakter anak bangsa. Maka penulis tertarik meneliti tentang “Peran Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan”. Penelitian ini memfokuskan pada persoalan tersebut. Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah (1) Bagaimana Menciptakan Iklam Madrasah yang Kondusif di Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan. (2) Bagaimana Memberi nasehat dan Penting Ditanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Guru-Guru di Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan. (3) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Guru di Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penulisan menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya peneliti mengunakan deskripsif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) bentuk nilai-nilai karakter Guru yang ditanamkan di MIS Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan yaitu (jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli) penanaman nilai-nilai karakter terhadap guru juga menjadi penting karena ujung tombak pendidikan lerletak kepada guru sebagai seorang pengajar dan sebagai pembentuk nilai-nilai karakter anak bangsa. (2) Peran kepala madrasah dalam iii menanamkan nilai-nilai karakter guru di MIS Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan adalah menciptakan iklim yang kondusif, memberikan dorongan kepada seluruh warga MIS Awaliyah Rejosari, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik. Dan didukung dengan kepala madrasah selalu memberikan contoh keteladanan serta pembiasaan yang baik kepada guru-guru MI Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan (3) faktor pendukung dan penghanbat kendala kepala madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter guru di MIS Awaliyah Rejosari Natar Lampung Selatan. Faktor pendukung guru�guru di MIS Awaliyah Rejosari sangat kompak dan selalu melaksanak kebijakan kepala madrasah sedangkan faktor penghambat adalah masih banyak fasilitas sarana dan prasarana yang masih kurang memadahi. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Nilai-Nilai Karakter Guru iv ABSTRACT Along with the goals of national education, education is a very important factor for human life to develop the potential of students, namely increasing knowledge and increasing faith and piety to God Almighty. It is important to be responsible for all activities and to go forward or backward, good or bad, the quality or not of an education he leads, while the cultivation of character values for teachers is also important because the spearhead of education lies with the teacher as a teacher and as a form of values. national character. So the author is interested in researching "The Role of the Head of Madrasa in Instilling Teacher Character Values at Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar, South Lampung". Based on these problems, the purpose of this discussion is (1) How to Create a Conducive Madrasa Iklam in Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar, South Lampung. (2) How to give advice and it is important to instill character values in teachers at Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar, South Lampung. (3) What are the Supporting and Inhibiting Factors in Instilling Teacher Character Values at Madrasah Ibtidaiyah Awaliyah Rejosari Natar, South Lampung. This research approach is a qualitative approach. Writing uses interviews, observations, and documentation. Meanwhile, the data analysis technique used by the researcher was descriptive.qualitative. In accordance with the research results are (1) the form of teacher character values that are instilled in MIS Awaliyah Rejosari Natar South Lampung, namely (honest, responsible, visionary, disciplined, cooperative, fair, and caring). (2) The role of the madrasa principal in instilling teacher character values at MIS Awaliyah Rejosari Natar South Lampung is to create a conducive climate, provide encouragement to all MIS Awaliyah Rejosari residents, and implement interesting learning models. (3) the supporting factors and obstacles for the head of madrasa in instilling teacher character values at MIS Awaliyah Rejosari Natar, South Lampung. The supporting factor for the teachers at MIS Awaliyah Rejosari is very compact and always implements the madrasa principal's policies, while the v inhibiting factor is that there are still many facilities and infrastructure that are still inadequate. Keywords: The Role of the Head of Madrasah, Teacher's Character Values

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:33
Last Modified: 04 Jan 2023 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22503

Actions (login required)

View Item View Item