NURUL, KARTIKA PUTRI (2022) PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK KANAK TRESNA ASIH 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan motorik halus pada anak usia dini yang baru mencapai sesuai perkembangan iyalah masih harus ditingkatkan. Masih banyak anak usia dini yang pada usianya belum memenuhi tingkat perkembangan pada motorik halusnya, maka dari itu harus dikembangkan lagi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh alat permainan edukatif (APE) terhadap motorik halus anak usia dini. Adapun rumusan masalahnya “Apakah terdapat pengaruh APE terhadap Motorik Halus Anak di TK Tresna Asih 3 Bandar Lampung?” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ialah penelitian yang pada dasarnya menguji teori yang berkaitan dengan masalah penelitian melalui kerangka berfikir yang dirumuskan ke dalam bentuk hipotesis penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One Shot Case Study. Adapun sampel yang digunakan menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 17 siswa menggunakan 1 kelas yaitu Kelas A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini yaitu untuk mengetahui uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas serta uji hipotesis anova one way menggunakan bantuan program SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan program SPSS versi 25 for windows yaitu uji validitas menyebutkan hasil dicari pada Sig 0,05 dengan jumlah data peserta didik (N) yaitu 17 pada taraf signifikansi 0,05 maka didapat rtabel sebesar 0,482. Uji reliabilitas menyebutkan hasil yang reliabel yaitu 0,862. Uji normalitas menyebutkan hasil yang normal yaitu Sig pada kolom Shapiro-Wilk keempat APE memperoleh nilai signifikansi yaitu, Origami nilai Sig 0,412, Biji-bijian memiliki nilai Sig 0,021, lalu Finger Painting memiliki nilai Sig 0,007 kemudian Gunting nilai Sig yaitu 0,005 yang berarti bahwa apabila nilai sig ≥ 0,05 sehingga dapat beristribusi normal. Uji homogenitas menyebutkan hasil yang sig yaitu 0,010. Dan uji hipotesis anova one way menyatakan hasil Sig < 0,05 dengan hasil uji anova one way yaitu sebesar 0,000 maka dinyatakan Sig. Mempunyai arti Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh APE terhadap motorik halus anak di TK Tresna Asih 3 Bandar Lampung. Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif , Motorik Halus. iii ABSTRACT Fine motor skills in early childhood who have just reached their developmental level are still need to be improved. Still many child age early in the morning her age not yet Fulfill level development on motor smooth , then from that must developed again . Destination from study this for knowing how much influence tool game educative (APE) on motor fine child age early . As for formula the problem is “ Is there is the effect of APE on motor Fine Children at Tresna Kindergarten Asih 3 Bandar Lampung?” Study this use method study quantitative . Study quantitative was research on basic test related theory with problem study through framework thought formulated to in form hypothesis research . Type research used was Pre Experimental with design research used that is One Shot Case Study . As for sample used to technique sample fed up 17 students used 1 class that is Class A. Technique data collection using observation and documentation . Technique analysis study this that is for knowing test validity , reliability , normality , homogeneity as well as test hypothesis anova one way used help program SPSS version 25 for windows. Based on results calculation with SPSS version 25 program help for windows that is test validity mention results searching for at Sig 0.05 with number of participant data learn (N) is 17 on level significance 0.05 then got r table as big as 0.482 . Test reliability mention reliable results is 0.862 . Test normality mention the normal result is Sig on column Shapiro- Wilk all four APEs get score significance ie , Origami Sig value 0.412 , Grains have Sig value 0.021 , then Finger Painting has Sig value 0.007 then Scissor the value of Sig is 0.005 which means that if value of sig 0.05 so that could normally distributed . Test homogeneity mention the sig result is 0.010 . And test hypothesis anova one way states result Sig < 0.05 with results test anova one way that is as big as 0.000 so stated Sig. Have meaning Ha accepted . Conclusion is there is the effect of APE on motor fine children at Tresna Kindergarten Asih 3 Bandar Lampung. Keywords : Tool Game Educational , Fine Motor .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 03:52 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 03:52 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22497 |
Actions (login required)
View Item |