STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAN KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PRINGSEWU

M. YUSRIZAL, Riyadi St. Rajo Ameh (2023) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SEKOLAH MENENGAN KEJURUAN MUHAMMADIYAH 1 PRINGSEWU. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESIS_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PRINGSEWU Oleh M. YUSRIZAL Semakin banyaknya orang yang melirik dan mendirikan lembaga pendidikan di Indonesia berarti itu merupakan bentuk dari salah satu kesadarannya manusia Indonesia akan pentingnya pendidikan dan ilmu sehingga banyaknya lembaga pendidikan yang ada maka persaingan di dunia pendidikan semakin ketat, oleh sebab itu lembaga pendidikan perlu yang namanya ilmu pemasaran, baik dari manejerial pendidik, guru, staf karyawan, bahkan stackholder pun harus bisa memasarkan lembaga pendidikan tersebut dengan baik dan professional. Ilmu pemasaran dalam dunia pendidikan saat ini bukan menjadi hal yang baru karena jika lembaga pendidikan tidak mempunyai strategi tentang pemasaran dalam memasarkan lembaga pendidikan maka lembaga pendidikan yang tidak mempunyai dan menggunakan ilmu pemasaran akan ditinggalkan dan kalah dengan lembaga pendidikan yang mengguanakan ilmu pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tentang Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat yang meliputi tentang Strategi Target Pasar, Strategi Posisi Konpetitif dan Strategi Campuran/Marketing Mix (produk, harga, tempat, promosi, orang/sumber daya manusia, proses dan bukti fisik). Metode dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dokumentasi di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu. Hasil penelitian diperoleh gambaran sebagai berikut: pertama, lembaga pendidikan terutama manejerial, pendidik dan stackholder harus mempunyai ilmu dan menerapkan strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan minat masyarakat terhadap lembaga pendidikan tersebut. Kedua, SMK Muhammadiyah banyak menerapkan strategi pemasaran jasa pendidikan sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap lembaga pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu. Ketiga, dalam penerapkan strategi pemasaran pendidikan harus menyesuaikan dulu strategi pemasaran yang akan dipakai baik itu secara terencana maupun kondisional. Keempat, setiap lembaga pendidikan harus mempunyai baik produk jasa pendidikan yang berkualitas maupun produk barang seperti produk kreatif peserta didik sehingga dapat menjadi bagian pemasaran lembaga pendidikan terhadap masyarakat luas. Kata Kunci, Strategi Pemasaran, Jasa, Lembaga Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:36
Last Modified: 04 Jan 2023 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22492

Actions (login required)

View Item View Item