MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA MAGIC BOX PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AT-TAQWA WAY KANAN

EVA, NOVALINA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA MAGIC BOX PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AT-TAQWA WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Eva Novalina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian penulis menemukan di RA AT-taqwa dalam kemampuan mengenal huruf belum berkembang sangat baik di karenakan bahwa dengan media pembelajaran yang digunakan untuk mengenal huruf masih minim atau masih terlalu sedikit medianya sehingga membuat anak mudah jenuh saat mengikuti pembelajaran dan anak masih belum benar dalam menyebutkan huruf dan terbalik dalam menuliskan huruf seperti “d” dengan “b”, “f” dengan “v”, “m” dengan “n”, “p” dengan “b”, “w” dengan “m”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media magic box pada anak kelompok B di RA At-taqwa Way Kanan. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumtasi. Subjek penelitian ini menggunakan 1 orang guru kelas, peserta didik RA AT-taqwa kelompok B yang berjumlah 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf menggunakan media mgic box meningkat. Peningkatan dapat dilihat pada data pra penelitian dari 12 anak yang berkembang sangat baik belum ada, setelah melakukan tindakan pada siklus I terdapat berkembang sangat baik (BSB) ada 2 anak 16,6%. Pada siklus II terdapat yang berkembang sangat baik (BSB) ada 10 anak 83,3%. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah melampau standar keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu anak yang berkembang sangat baik mencapai 75%. Kata kunci : Meningkatkan kemampuan mengenal huruf, magic box, anak usia dini iv ABSTRACT Based on the results of the pre-research, the authors found that at RA AT-taqwa the ability to recognize letters had not developed very well because the learning media used to recognize letters was still minimal or there was still too little media so that children were easily bored while participating in learning and children were still not correct in mention letters and reverse in writing letters such as "d" with "b", "f" with "v", "m" with "n", "p" with "b", "w" with "m". This study aims to improve the ability to recognize letters through the media magic box in group B children at RA At-taqwa Way Kanan. The research method uses classroom action research (CAR) using the Kemmis and MC Taggart models with four stages, namely planning, implementing action, observation and reflection. Data collection techniques are carried out by observation, interviews and documentation. The subject of this study used 1 class teacher, RA AT�taqwa group B students, totaling 12 children. The results of the study showed that increasing the ability to recognize letters using the media mgic box increased. The increase can be seen in the pre-research data from 12 children who did not develop very well yet, after taking action in cycle I there were very well developed (BSB) there were 2 children 16.6%. In cycle II there were those who developed very well (BSB) there were 10 children 83.3%. This research was stopped until cycle II because it had exceeded the predetermined success standard, namely children who developed very well, reaching 75%. Keywords: Improving the ability to recognize letters, magic box, early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:46
Last Modified: 04 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item