PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP N 23 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Rohman, Kholilul (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP N 23 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (57MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar kognitif di SMP N 23 Bandar Lampung masih tergolong rendah, hal ini di karenakan proses belajar mengajar yang diterapkan masih berientasi pada pendidik. Salah satu alternatif, yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada materi Beriman kepada Allah dan Asmaul Husna adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment, dengan desain Group Pre-Test Post-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Dua kelas diambil sampel secara acak dengan cara diundi yaitu kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil post-test nilai ratarata kelas eksperimen yaitu 80,06 dan nilai rata-rata pada kelas control yaitu 74,20. Data skor tes peserta didik dianalisis dengan menggunakan teknik uji-t. Pada analisis uji-t dengan taraf kepercayaan 0,5% didapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 02:57
Last Modified: 17 Nov 2017 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item