PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FOTONOVELA MATERI SHALAT FARDHU UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI (Di MIN 02 Lampung Barat dan SDIT Khoiru Ummah Lampung Barat)

SELIYAWATI, Edi Kistori (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FOTONOVELA MATERI SHALAT FARDHU UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI (Di MIN 02 Lampung Barat dan SDIT Khoiru Ummah Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (544kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran meliputi segala sesuatu yang dapat membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi, daya pikir, dan pemahaman anak.Berdasarkan hasil pra penenlitian yang peneliti lakukan di MIN 02 Lampung Barat dan SDIT Khoirul Ummah, diperoleh fakta bahwa media pembelajaran PAI pada materi shalat fardhu masih menggunakan media berupa poster dan gambar,namun poster tersebut kurang memberikan penjelasan secara mendalam terkait tata cara shalat, sementara itu peserta didik membutuhkan media yang bukan hanya sebatas pemahaman dasar saja terkait tata cara shalat, akan tetapi bisa juga memberikan pemahaman mendalam terkait ibadah yang mereka lakukan.Oleh karena itu peneliti akan mengembangkan media e-fotonovela shalat fardhu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media e-fotonovela shalat fardhu pada pembelajaran PAI materi shalat fardhu kelas IV SD.MI; 2) mengetahui kelayakan media e-fotonovela shalat fardhu pada pembelajaran PAI materi shalat fardhu kelas IV SD/MI; 3) mengetahui respon peserta didik terhadap media e�fotonovela shalat fardhu pada pembelajaran PAI materi shalat fardhu kelas IV SD/MI.Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Dissemination). yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Doroty S. Semmel, dan Meylvin I. Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD/MI. Instrumen pengumpulan data berupa angket oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon peserta didik dan pendidik. Hasil penelitian ini adalah; 1) telah dikembangkan media e-fotonovela shalat fardhu pada pembelajaran PAI materi shalat fardhu kelas IV SD/MI; 2) kelayakan media e-fotonovela shalat fardhu yang dikembangkan menurut ahli materi mendapatkan persentase kelayakan 90% dengan kategori “Sangat Layak.” Ahli media mendapatkan persentase kelayakan 81%, dengan kategori “Layak.” Ahli bahasa mendapat persentase kelayakan 92%, dengan kategori “Sangat Layak.”; 3) respon kemenarikan media e�fotonovela shalat fardhu ujicoba skala kecil di SDIT Khoiru Ummah mendapatkan persentase kelayakan sebesar 89,15% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada ujicoba skala besar yang dilakukan di MIN 02 Lampung Barat mendapatkan persentase kelayakan sebesar 91% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian pendidik di dua sekolah mendapatkan kelayakan sebesar 83% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon peserta didik iv dan pendidik maka dapat disimpulkan media e-fotonovela shalat fardhu pada pembelajaran PAI materi shalat fardhu kelas IV SD/MI layak dan menarik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Fotonovela , Shalat Fardhu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:46
Last Modified: 04 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22489

Actions (login required)

View Item View Item