ANALISIS PERAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIMASA COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Lens Bakery dan Oemar Bakery)

Tri, Setia Utami (2023) ANALISIS PERAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIMASA COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Lens Bakery dan Oemar Bakery). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI SETIA UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia bisnis atau usaha perlu untuk mengetahui situasi dan kondisi yang terjadi terhadap pasar yang ada, tidak terlepas dengan keadaan yang seperti saat ini dirasakan munculnya wabah virus pandemi Covid-19 saat ini mampu merubah pola dengan sendirinya sehingga bagi para pelaku usaha harus dapat berupaya dan terus bersinergi untuk memunculkan sebuah solusi untuk dapat kembali bangkit disituasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : bagaimana peran inovasi produk yang dilakukan oleh Len’s Bakery dan Oemar Bakery serta bagaimana pandangan ekonomi islam tentang peran inovasi produk dalam meningkatkan penjualan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah toko Len’s Bakery dan Oemar Bakery dengan Objek penelitian dengan mengunakan objek penelitian para Ahli tentang Inovasi produk. Narasumber yang digunakan adalah pimpinan toko Len’s Bakery dan Oemar Bakery beserta beberapa staf karyawan di toko tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas perpanjangan pengamatan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi Inovasi yang dilakukan oleh toko Len’s Bakery dan Oemar Bakery seperti meningkatkan kualitas Produk, mempercantik kemasan produk, menambah Volume ukuran produk, mengkolaborasikan beberapa varian rasa, serta memperbanyak produk yang banyak diminati pasar seperti roti gandum dan roti kering. Perspektif Ekonomi Islam yang dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan menanamkan nilai-islam dan menjamin kehalalan produk yang dipasarkan serta menjauhi 3 poin penting yang sangat dilarang oleh islam yaitu seperti menjauhi hal-hal yang bersifat Gharar, Tablis, dan Bai’ Najasy. ABSTRACT In the business or business world, it is necessary to know the situation and conditions that occur in the existing market, inseparable from the current situation, it is felt that the emergence of the current Covid-19 pandemic virus outbreak is able to change the pattern by itself so that business actors must be able to make efforts and continue to work together to come up with a solution to be able to rise again in the current situation. The purpose of this study is to find out: how is the role of product innovation carried out by Len's Bakery and Oemar Bakery and how is the view of Islamic economics about the role of product innovation in increasing sales. This type of research uses a qualitative descriptive research method. The subject of this research is the Len's Bakery and Oemar Bakery shop with the object of research using the object of research by experts on product innovation. The informants used were the head of the Len's Bakery and Oemar Bakery shops along with several staff employees at the store. Data collection techniques were carried out by means of observation and interviews. Test the validity of the data using the credibility test of the extension of the observation. The results in this study indicate that there are several innovation strategies carried out by Len's Bakery and Oemar Bakery stores such as improving product quality, beautifying product packaging, increasing product size volume, collaborating with several flavor variants, and increasing products that are in great demand by the market such as wheat bread and bread. dry. The Islamic economic perspective carried out by the company is by instilling Islamic values and ensuring the halalness of the products marketed and staying away from 3 important points that are strictly prohibited by Islam, namely, avoiding things that are Gharar, Tablis, and Bai' Najasy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:09
Last Modified: 03 Jan 2023 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item View Item