IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA RAUDHATUL ULUM DESA KETAPANG KECAMATAN SUNGKAI SELATAN LAMPUNG UTARA

Vira, Zahara Tia (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA RAUDHATUL ULUM DESA KETAPANG KECAMATAN SUNGKAI SELATAN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Vira Zahara Tia .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA RAUDHATUL ULUM DESA KETAPANG KECAMATANSUNGKAI SELATAN LAMPUNG UTARA Oleh Vira Zahara Tia Implementasi pendidikan akhlak membahas tentang gejala-gejala akhlak yang disusun secara sistematis yang didasarkan pada perilaku peserta didik. Namun dalam proses pelaksanaan pendidikan akhlak, belum berjalan dengan maksimal, sebagaimana yang terjadi di MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pelaksanaan konsep pendidikan akhlaq di MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan akhlaq di MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara. Pada skripsi ini, digunakan pendekatan bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Lalu data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Adapun keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi baik secara sumber, waktu & model. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlak di MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan Lampung Utara yang dilakukan dengan metode penanaman akhlak terpuji dalam materi akidah akhlak, sikap sopan santun terhadap guru dan juga terhadap teman sebaya juga pengamalan ibadah seperi solat duhur berjamaah di masjid serta pembiasaan yang bersifat uswatun khasanah. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan akhlak sarana prasarana, kegiatan pembiasaan. Faktor penghambat ialah kurangnya buku materi tentang akhlak atau buku bacaan, motivasi, pergaulan dengan teman sebaya yang kurang baik serta hal pengaruh negatif dari teknologi informasi, dampaknya menjadikan peserta didik yang berakhlak atau berbudi pekerti yang baik dalam kehidupan sehari-hari, contohnya peserta didik mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, santun dalam berperilaku dan bergaul dengan baik serta sopan santun terhadap sesama teman, guru, orang tua maupun bermasyarakat. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan, Akhlak. ii ABSTRACT IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MA RAUDHATUL ULUM DESA KETAPANG KECAMATAN SUNGKAI SELATAN LAMPUNG UTARA By Vira Zahara Tia The implementation of moral education discusses the symptoms of morals which are arranged systematically based on the behavior of students. However, in the process of implementing moral education, it has not run optimally, as happened in MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan, North Lampung. This study aims to: 1) Determine the implementation of moral education at MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan, North Lampung. Knowing the factors supporting and inhibiting the implementation of moral education in MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan, North Lampung. In this thesis, a descriptive approach is used with qualitative research methods. The data obtained using data collection techniques in the form of interviews, observations and documentation. Then the data obtained were analyzed by reducing the data, presenting the data and then drawing conclusions. The validity of the data was tested using triangulation techniques both by source, time and model. Based on the results of the study, it was found that: 1) The implementation of moral education at MA Raudhatul Ulum Sungkai Selatan, North Lampung which was carried out by the method of inculcating commendable morals in the material of moral aqidah, Polite Attitudes towards Teachers and also towards peers as well as the practice of Worship such as Duhur Prayer in congregation at the Mosque and habituation that is uswatun repertoire. 2) Factors supporting the implementation of moral education, infrastructure, habituation activities. The inhibiting factor is the lack of material books on morals or reading books, motivation, association with peers who are not good and the negative influence of information technology. communicate well and correctly, be polite in behaving and get along well and polite to fellow friends, teachers, parents and the community. Keywords: Implementation, Education, Morals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:42
Last Modified: 03 Jan 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22480

Actions (login required)

View Item View Item