ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA DONAT MADU CIHANJUANG DI CABANG SAMRATULANGI BANDAR LAMPUNG)

YULIANTI, ERLINDA (2022) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA DONAT MADU CIHANJUANG DI CABANG SAMRATULANGI BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1.5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YULIANTI ERLINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran Donat Madu Cihanjuang dalam meningkatkan minat beli konsumen di Cabang Samratulangi Bandar Lampung, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Donat Madu Cihanjuang dalam meningkatkan minat beli konsumen di Cabang samratulangi Bandar Lampung, serta untuk mengetahui hambatan dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi , dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Pemilik dan 2 orang karyawan Donat Madu Cihanjuang dan 2 orang konsumen Donat Madu Cihanjuang. Teori yang digunakan adalah Teori Marketing Communication Mix menurut Keller dan Kotler serta menggabungkan dengan teori Bauran Pemasaran atau yang lebih dikenal dengan 4P yaitu (Product, price, place, dan promotion). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Donat Madu Cihanjuang telah melakukan strategi pemasaran, dalam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Donat Madu Chihanjuang berupaya untuk meningkatkan minat beli konsumen, pemilik usaha diketahui telah melakukan strategi pemasaran yang diantaranya adalah strategi variasi produk melalui pembuatan donat madu dengan berbagai macam varian sesuai perkembangan dan menjaga kualitas donat madu. Kemudian strategi harga yaitu dengan memberikan diskon. Selanjutnya strategi lokasi dan distribusi dimana Usaha Donat Madu Cihanjuang telah memiliki tempat yang strategis. Strategi promosi yang digunakan oleh Usaha Donat Madu Cihanjuang dalam promosinya adalah dengan media sosial, namun masih disayangkan dalam pemanfaatan media sosial ini belum dilakukan dengan baik sehingga belum menghasilkan hasil yang maksimal. Pada saat ini masalah yang dihadapi oleh Usaha Donat Madu Chihanjuang adalah tingginya persaingan dan sulitnya untuk mendapatkan beberapa macam bahan baku terutama madu. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan etika pemasaran dalam Islam, kegiatan pemasaran harus dilandasi semangat beribadah kepada Allah,bersikap ikhlas, jujur, berusaha untuk kesejahteraan bersama, bukan untuk kepentingan golongan apalagi kepentingan sendiri, diharamkan pula orang beriman untuk memakan, memanfaatkan, menggunakan, mencari keuntungan yang tidak sah dan melanggar syariat seperti riba, berlaku curang (mengurangi timbangan) dan segala bentuk transaksi lainnya yang melibatkan harta orang lain dengan jalan yang batil, yaitu yang tidak dibenarkan oleh syariat. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Strategi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Bisnis, Donat Madu Cihanjuang iii ABSTRACT This thesis discusses the marketing communication strategy of Cihanjuang Honey Donuts in increasing consumer buying interest in the Samratulangi Branch of Bandar Lampung. This study aims to determine the marketing communication strategy of Cihanjuang Honey Donuts in increasing consumer buying interest in the Samratulangi Branch of Bandar Lampung, as well as to find out the obstacles in carrying out communication strategies. marketing. The type of research used is field research (Field Research) with a qualitative descriptive approach, by collecting data through interviews, observation, and documentation. The resource persons in this study were the owner and 2 employees of Cihanjuang Honey Donuts and 2 consumers of Cihanjuang Honey Donuts. The theory used is the Marketing Communication Mix Theory according to Keller and Kotler and combines it with the Marketing Mix theory or better known as the 4Ps (Product, price, place, and promotion). Based on the results of the study, it shows that the Cihanjuang Honey Donut Business has carried out a marketing strategy, in the marketing strategy carried out by the Cihanjuang Honey Donut Business trying to increase consumer buying interest, the business owner is known to have carried out a marketing strategy which includes a product variation strategy through making Cihanjuang honey donuts with various variants. according to the development and maintain the quality of Cihanjuang honey donuts. Then the price strategy is to give discounts. Furthermore, the location and distribution strategy where the Cihanjuang Honey Donut Business has a strategic place. The promotional strategy used by the Cihanjuang Honey Donut Business in its promotion is with social media, but it is still unfortunate that the use of social media has not been done properly so that it has not produced maximum results. At this time the problem faced by the Cihanjuang Honey Donut Business is the high competition and the difficulty of getting various kinds of raw materials, especially honey. In this study, researchers also use marketing ethics in Islam, marketing activities must be based on the spirit of worshiping Allah, be sincere, honest, strive for the common welfare, not for the benefit of the group let alone their own interests, it is also forbidden for believers to eat, use, use, seek gains that are illegal and violate the Shari'a such as usury, cheating (reducing the scales) and all other forms of transactions involving other people's property in a vanity way, which is not justified by Shari'a. Keywords: Communication Strategy, Marketing Strategy, Marketing Communication, Business Communication, Cihanjuang Honey Donuts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:21
Last Modified: 03 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22476

Actions (login required)

View Item View Item