URGENSI SABAR DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA SANTRI KELAS AKHIR (Studi Kasus di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin Lampung Selatan)

ANANDA, VELISKA (2023) URGENSI SABAR DALAM MENGATASI STRES AKADEMIK PADA SANTRI KELAS AKHIR (Studi Kasus di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren sebagai bagian dari pendidikan mempunyai arti yang sangat penting. Pondok pesantren juga dapat dipandang dapat memenuhi beberapa kebutuhan santri dan menentukan kualitas kehidupannya dimasa depan, tetapi pada saat yang bersamaan para santri juga dapat terkena masalah. Hal tersebut pun terjadi di pondok pesantren terpadu ushuluddin. Adanya kesulitan dalam belajar sering dialami oleh para santri terutama santri yang duduk di kelas akhir. Hambatan atau kesulitan tersebut dialami pada saat kegiatan belajar mengajar dan mengaji, diantaranya yaitu adanya kesulitan membagi waktu antara belajar dan mengurus anggota yang telah memberikan tekanan yang tinggi. Selain itu adanya tuntutan tugas akhir, tuntutan menjalankan disiplin yang telah diterapkan di pesantren, adanya ujian nasional dan ujian pesantren, serta praktikum. Namun dibalik masalah-masalah yang terjadi, tekanan-tekanan yang ada serta banyaknya tugas-tugas yang diberikan, membuat para santri kelas akhir tersebut mengalami stress akademik, maka penting bagi setiap santri kelas akhir untuk memiliki sikap atau sifat sabar. Oleh karena itu perlu mengetahui apa saja aspek stres akademik pada santri kelas akhir pondok pesantren terpadu ushuluddin dan perlu mengetahui bagaimana urgensi sabar dalam mengatasi stres akademik pada santri kelas akhir pondok pesantren terpadu ushuluddin. Penelitian ini masuk ke dalam jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data selesai dikumpulkan dengan lengkap, tahap berikutnya yang harus ditempuh adalah tahap analisa. Pada tahap ini proses pengolahan data harus diperhatikan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek stres akademik yang dialami santri kelas akhir pondok pesantren terpadu ushuluddin meliputi aspek kognitif, aspek emosional/afektif, aspek fisiologis dan aspek perilaku. Ada empat sumber atau penyebab stres akademik tetapi hanya tiga yang dirasakan oleh para santri kelas akhir, yaitu tuntutan tugas (task demand), tuntutan peran (role demand), dan tuntutan interpersonal (interpersonal demand). Urgensinya sabar itu sangatlah penting dan sabar sangat berdampak positif. Karena kalau kita tidak bersabar maka akan timbulnya stres dan kekacauan. Santri kelas akhir menerapkan sabar dengan mengendalikan diri, bersabar dengan menerima kenyataan/realitas hidup, bersabar dengan istiqamah dan tidak mudah putus asa, bersabar dengan bersikap tenang dan tidak terburu-buru, bersabar dengan mengendalikan emosi, bersabar dengan berpikir tenang dan hati-hati, dan bersabar dengan ikhlas. Kata Kunci: Sabar dan Stres Akademik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:16
Last Modified: 03 Jan 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22474

Actions (login required)

View Item View Item